MENJAWAB SOAL KISAH iBRAHIM AS bag :3

kisah ini sangat menarik sekali untuk di kaji secara mendalam, ada apa penulis Alkitab "terkesan menyisipkan / meletakan sebuah kisah tidak pada tempatnya"?

maka persoalan kejanggalan tidak adanya sikap secara jelas bahwa Sara sudah "Tua",tetapi dalam kisah Abraham bertemu dengan Abimelekh tersebut ada kisah lain yang sangat mirip.

dan itu tidak hanya satu kisah saja, tetapi 2 kisah yang berbeda = 3 kisah yang isinya hampir sama

kisah tersebut adalah :

Dua kisah tersebut yaitu :
1. Abraham dengan Raja Mesir atau Fir’aun Di dalam kitab Kejadian 12:10-20.
2.kisah “ Ishaq dan Abimelekh” Di dalam kitab kejadian 26:1-33
kesamaan 3 kisah tersebut adalah :


I. kesamaan bertemu dengan seorang raja

Abraham tinggal di Mesir bertemu Fir’aun(raja mesir) : kejadian 12:10-16

12:10
Ketika kelaparan timbul di negeri itu, pergilah Abram ke Mesir untuk tinggal di situ sebagai orang asing, sebab hebat kelaparan di negeri itu.
12:11
Pada waktu ia akan masuk ke Mesir, berkatalah ia kepada Sarai, isterinya: "Memang aku tahu, bahwa engkau adalah seorang perempuan yang cantik parasnya.
12:12
Apabila orang Mesir melihat engkau, mereka akan berkata: Itu isterinya. Jadi mereka akan membunuh aku dan membiarkan engkau hidup.
12:13
Katakanlah, bahwa engkau adikku, supaya aku diperlakukan mereka dengan baik karena engkau, dan aku dibiarkan hidup oleh sebab engkau."
12:14
Sesudah Abram masuk ke Mesir, orang Mesir itu melihat, bahwa perempuan itu sangat cantik,
12:15
dan ketika punggawa-punggawa Firaun melihat Sarai, mereka memuji-mujinya di hadapan Firaun, sehingga perempuan itu dibawa ke istananya.
12:16
Firaun menyambut Abram dengan baik-baik, karena ia mengingini perempuan itu, dan Abram mendapat kambing domba, lembu sapi, keledai jantan, budak laki-laki dan perempuan, keledai betina dan unta.



Abraham tinggal di Gerar bertemu Abimelekh (raja Gerar): kejadian 20:1-2

20:1 Lalu Abraham berangkat dari situ ke Tanah Negeb dan ia menetap antara Kadesh dan Syur. Ia tinggal di Gerar sebagai orang asing.20:2 Oleh karena Abraham telah mengatakan tentang Sara, isterinya: "Dia saudaraku," maka Abimelekh, raja Gerar, menyuruh mengambil Sara.

Ishaq tinggal di Gerar bertemu dengan Abimelekh (raja palestin/gerar: kejadian 26:1

1 Maka timbullah kelaparan di negeri itu. —Ini bukan kelaparan yang pertama, yang telah terjadi dalam zaman Abraham. Sebab itu Ishak pergi ke Gerar, kepada Abimelekh, raja orang Filistin.


II. memberi pesan / menyatakan yang sama bahwa istrinya adalah "saudaranya"

Abraham berpesan kepada Istrinya setelah bertemu Fir'aun raja Mesir :
kejadian 12:11-13


12:11
Pada waktu ia akan masuk ke Mesir, berkatalah ia kepada Sarai, isterinya: "Memang aku tahu, bahwa engkau adalah seorang perempuan yang cantik parasnya.
12:12
Apabila orang Mesir melihat engkau, mereka akan berkata: Itu isterinya. Jadi mereka akan membunuh aku dan membiarkan engkau hidup.
12:13
Katakanlah, bahwa engkau adikku, supaya aku diperlakukan mereka dengan baik karena engkau, dan aku dibiarkan hidup oleh sebab engkau."


Abraham berpesan kepada istrinya setelah bertemu Abimelekh :
kejadian 20:2

20:2 Oleh karena Abraham telah mengatakan tentang Sara, isterinya: "Dia saudaraku," maka Abimelekh, raja Gerar, menyuruh mengambil Sara.

Ishaq juga mengatakan istrinya ,dikatakan sebagai saudara.

26:7 Ketika orang-orang di tempat itu bertanya tentang isterinya, berkatalah ia: "Dia saudaraku," sebab ia takut mengatakan: "Ia isteriku," karena pikirnya: "Jangan-jangan aku dibunuh oleh penduduk tempat ini karena Ribka, sebab elok parasnya."


III. kesamaan ditegur oleh raja dengan kesalahan yang sama

Abraham di tegur Fir’aun : kejadian 12:18-19


12:18 Lalu Firaun memanggil Abram serta berkata: "Apakah yang kauperbuat ini terhadap aku? Mengapa tidak kauberitahukan, bahwa ia isterimu?

12:19
Mengapa engkau katakan: dia adikku, sehingga aku mengambilnya menjadi isteriku? Sekarang, inilah isterimu, ambillah dan pergilah!"


Abraham ditegur Abimelekh : kejadian 20: 9-11

Kemudian Abimelekh memanggil Abraham dan berkata kepadanya: "Perbuatan apakah yang kaulakukan ini terhadap kami, dan kesalahan apakah yang kulakukan terhadap engkau, sehingga engkau mendatangkan dosa besar atas diriku dan kerajaanku? Engkau telah berbuat hal-hal yang tidak patut kepadaku." Lagi kata Abimelekh kepada Abraham: "Apakah maksudmu, maka engkau melakukan hal ini?" Lalu Abraham berkata: "Aku berpikir: Takut akan Allah tidak ada di tempat ini; tentulah aku akan dibunuh karena isteriku.

Ishaq ditegur Abimelekh : kejadian 26:9-10

Lalu Abimelekh memanggil Ishak dan berkata: "Sesungguhnya dia isterimu, masakan engkau berkata: Dia saudaraku?" Jawab Ishak kepadanya: "Karena pikirku: Jangan-jangan aku mati karena dia." Tetapi Abimelekh berkata: "Apakah juga yang telah kauperbuat ini terhadap kami? Mudah sekali terjadi, salah seorang dari bangsa ini tidur dengan isterimu, sehingga dengan demikian engkau mendatangkan kesalahan atas kami."

III . sama-sama diberi hadiah setelah ditegur oleh raja

Abraham diberi hadiah olehFira'un

12:16
Firaun menyambut Abram dengan baik-baik, karena ia mengingini perempuan itu, dan Abram mendapat kambing domba, lembu sapi, keledai jantan, budak laki-laki dan perempuan, keledai betina dan unta.


20:14
Kemudian Abimelekh mengambil kambing domba dan lembu sapi, hamba laki-laki dan perempuan, lalu memberikan semuanya itu kepada Abraham; Sara, isteri Abraham, juga dikembalikannya kepadanya.

IV . punya sengketa yang sama soal Sumur dan kemudian mengadakan perjanjian dengan orang yang mempunyai nama yang sama.

Abraham dan Abimelekh

kejadian 21:23-37

leh sebab itu, bersumpahlah kepadaku di sini demi Allah, bahwa engkau tidak akan berlaku curang kepadaku, atau kepada anak-anakku, atau kepada cucu cicitku; sesuai dengan persahabatan yang kulakukan kepadamu, demikianlah harus engkau berlaku kepadaku dan kepada negeri yang kautinggali sebagai orang asing." Lalu kata Abraham: "Aku bersumpah!" Tetapi Abraham menyesali Abimelekh tentang sebuah sumur yang telah dirampas oleh hamba-hamba Abimelekh. Jawab Abimelekh: "Aku tidak tahu, siapa yang melakukan hal itu; lagi tidak kauberitahukan kepadaku, dan sampai hari ini belum pula kudengar." Lalu Abraham mengambil domba dan lembu dan memberikan semuanya itu kepada Abimelekh, kemudian kedua orang itu mengadakan perjanjian.

Ishaq dan Abimelekh

Kejadian 26:28-29

Jawab mereka: "Kami telah melihat sendiri, bahwa TUHAN menyertai engkau; sebab itu kami berkata: baiklah kita mengadakan sumpah setia, antara kami dan engkau; dan baiklah kami mengikat perjanjian dengan engkau, bahwa engkau tidak akan berbuat jahat kepada kami, seperti kami tidak mengganggu engkau, dan seperti kami semata-mata berbuat baik kepadamu dan membiarkan engkau pergi dengan damai; bukankah engkau sekarang yang diberkati TUHAN."

V. saksi perjanjian yang sama,yaitu Pikhol panglima tentara raja tersebut

Abraham Kejadian 21:22

Pada waktu itu Abimelekh, beserta Pikhol, panglima tentaranya, berkata kepada Abraham: "Allah menyertai engkau dalam segala sesuatu yang engkau lakukan


kejadian Kejadian 26:26

Datanglah Abimelekh dari Gerar mendapatkannya, bersama-sama dengan Ahuzat, sahabatnya, dan Pikhol, kepala pasukannya.

VI Menyangkut sejarah asal usul nama kota yang sama (Bersyeba)

Abraham Kejadian 21:29-32

Lalu kata Abimelekh kepada Abraham: "Untuk apakah ketujuh anak domba yang kaupisahkan ini?" Jawabnya: "Ketujuh anak domba ini harus kauterima dari tanganku untuk menjadi tanda bukti bagiku, bahwa akulah yang menggali sumur ini." Sebab itu orang menyebutkan tempat itu Bersyeba, karena kedua orang itu telah bersumpah di sana.
Setelah mereka mengadakan perjanjian di Bersyeba, pulanglah Abimelekh beserta Pikhol, panglima tentaranya, ke negeri orang Filistin.

kejadian 26:26-33

26:26 Datanglah Abimelekh dari Gerar mendapatkannya, bersama-sama dengan Ahuzat, sahabatnya, dan Pikhol, kepala pasukannya.
26:27
Tetapi kata Ishak kepada mereka: "Mengapa kamu datang mendapatkan aku? Bukankah kamu benci kepadaku, dan telah menyuruh aku keluar dari tanahmu?"
26:28
Jawab mereka: "Kami telah melihat sendiri, bahwa TUHAN menyertai engkau; sebab itu kami berkata: baiklah kita mengadakan sumpah setia, antara kami dan engkau; dan baiklah kami mengikat perjanjian dengan engkau,
26:29
bahwa engkau tidak akan berbuat jahat kepada kami, seperti kami tidak mengganggu engkau, dan seperti kami semata-mata berbuat baik kepadamu dan membiarkan engkau pergi dengan damai; bukankah engkau sekarang yang diberkati TUHAN."
26:30
Kemudian Ishak mengadakan perjamuan bagi mereka, lalu mereka makan dan minum.
26:31
Keesokan harinya pagi-pagi bersumpah-sumpahanlah mereka. Kemudian Ishak melepas mereka, dan mereka meninggalkan dia dengan damai.
26:32
Pada hari itu datanglah hamba-hamba Ishak memberitahukan kepadanya tentang sumur yang telah digali mereka, serta berkata kepadanya: "Kami telah mendapat air."
26:33
lalu dinamainyalah sumur itu Syeba. Sebab itu nama kota itu adalah Bersyeba, sampai sekarang.



ANALISA Komprehensif

siapapun pasti sepakat bahwa nama yang sama Abraham yang bertemu dengan Abimelekh dab Fir'aun adalah orang yang sama.

tetapi yang perlu kita perhatikan adalah ada nama yang sama yang di temui Abraham dan Ishaq,Yaitu Abimelekh dan Pikhol.

ada apologi pembelaan dari kalangan Kristian bahwa Abimelekh adalah gelar = bukan nama pribadi,jadi bisa saja gelarnya sama tetapi orangnya berbeda!

dengan berdasarkan bahwa Abimelekh artinya ayahku seorang Raja

Abimelech or Avimelech (אֲבִימֶלֶךְ / אֲבִימָלֶךְ "father/leader of a king; my father/leader, a king", Standard Hebrew Aviméleḫ / Avimáleḫ, Tiberian Hebrew ʼĂḇîméleḵ / ʼĂḇîmāleḵ was a common name of the Philistine kings, much as "Pharaoh" was of the Egyptian kings.

tetapi apologi ini masih belum kuat karena masih ada persoalan lain soal kesamaan yaitu ,Soal saksi yang sama ,yaitu Pikhol

apakah Pikhol juga merupakan gelar seorang Panglima/pemimpin pasukan?

sekarang kita lihat saja

melalui nomor Strong Concordance.
Shoftware Alkitab SABDA versi 3.00No. Strong: 06369Kata : Piykol1) chief captain of the army of king Abimelech of the Philistines of Gerar in the days of Abraham and Isaac


jadi sangat jelas sekali bahwa yang bertemu dengan Abraham dan Ishaq adalah orang yang sama.

adakah persoalan kalau orang itu sama?

persoalannya adalah jarak umur dari Abraham dan Ishaq adalah 100 tahun

kejadian antara pertemuan Abraham bertemu dengan Abimelekh dan Ishaq bertemu dengan Abimelekh setidaknya berjarak 80 tahun.


bagaimana kita bisa menghitung jarak waktu tersebut?

Ishaq lahir umur abraham 100tahun :kej 21:5,


21:5
Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya

Araham meninggal umur 175 tahun :kej 25:7
25:7
Abraham mencapai umur seratus tujuh puluh lima tahun,
25:8
lalu ia meninggal. Ia mati pada waktu telah putih rambutnya, tua dan suntuk umur, maka ia dikumpulkan kepada kaum leluhurnya.



Pertemuan abraham dan abimelekh sebelum ishaq lahir,pertemuan ishaq dan abimelekh jauh setelah abraham meninggal,

setelah yakub dan esau sudah besar/dewasa ,umur ishaq saat yakub dan esau lahir umur 60tahun..

kejadian
25:26
Sesudah itu keluarlah adiknya; tangannya memegang tumit Esau, sebab itu ia dinamai Yakub. Ishak berumur enam puluh tahun pada waktu mereka lahir.



jadi pertemuan Abraham dan Abimelekh , Abimelekh berumur berapa?

seorang Misionaris bisa saja berargumentasi bahwa umur orang terdahulu berbeda dengan umur orang sekarang,
dengan memberi bukti ayat-ayat di dalam alkitab orang-orang terdahulu berumur ratusan tahun!

dengan memberikan bantahan seperti ini

Kisah manusia pertama (Dalam buku Kejadian ) umumnya tidak bisa dibandingkan dengan kisah kehidupan manusia sekarang......karena ada hal-hal yang seakan tidak masuk akal ditulis tetapi secara Alkitabiah dapat dibuktikan kebenarannya , Contoh mudah saja Misalnya :Usia manusia pada masa itu.......rata-rata sampai ratusan tahun.....(Apakah masuk akal menurut anda...?)Mis : Lamekh berumur 771 thn ( Kej 5:31)Metusalah berumur 969 thn ( Kej 5 : 27 )dan banyak kisah umur manusia yang sangat Lama......Apakah ini mungkin untuk pemikiran kita sekarang ( Bagaimana menurut anda....?)Jika anda menanyakan kenapa usia manusia begitu lama.....berarti Alkitab berbohong atau mengarang-ngarang cerita karena usia manusia sekarang hanya 70-80 tahun saja.....?

apologi semacam ini juga semakin memperjelas kerancuan isi alkitab!

kenapa?
karena tertulis didalam alkitab firman Tuhan jauh sebelum kejadian tersebut Umur Manusia dibatasi hanya sampai 125 tahun

Kejadian: 6:3 Berfirman Tuhan: ? Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal didalamManusia,karena manusia adalah DAGING, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja?

jadi soal "pembelaan soal Umur orang terdahulu (jamannya Abimelekh berbeda) sama sekali ,gugur dengan sendirinya....


karena yang terjadi kalau memaksakan diri bahwa umur Abimelekh ratusan Tahun. perlu merubah ayat tersebut?

kemudian tidak ada penjelasan sama sekali saat pertemuan Abimelekh dan Ishaq, Abimelekh orang yang berumur ratusan Tahun , justru yang ada Abimelekh tertarik dengan "istri Ishaq"

dan persoalan tersebut masih ada persoalan yang bisa dikritisi,yaitu rentang kejadian tersebut,
yaitu kita perhatikan rentang waktu mulai Sara mendapat Kabar akan mendapatkan anda sampai Ishaq lahir banyak peristiwa yang dilalui Abraham dan Sara


Sekarang perhatikan rentang waktu saat peerintah sunat:
Araham berumur 99ahun
kejadian
17:1
Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya: "Akulah Allah Yang Mahakuasa, hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela.

sampai Saat ishaq lahir abraham berumur 100 tahun


21:5
Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya.

jarak waktu satu tahun dan waktu tersebut masih dikurangi dengan kehamilan Sara, kalau di hitung dengan usia kehamilan yang 9 bulan
,
jadi hanya tinggal waktu kurang lebih tiga bulanMungkin nggak dalam 3 bulan:

1. Abraham ke lembah yordan(kej 19:28)(jangan bayangkan sekarang bisa pergi pakai pesawat atau mobil,bayangkan berapa lama waktu perjalan saat itu,dengantransportasi anda)

2. Kedua anak loth memberi minum anggur ayahanya hingga kedunya mengandung

3. Abraham pergi ke Gerar menjadi orang asing bertemu abimelekh

4. Perempuan di istana abimelekh kandunganya di tutup karena sara

5. Abraham mendoakan mereka kemudian mereka hamil sampai melahirkan


20:17
Lalu Abraham berdoa kepada Allah, dan Allah menyembuhkan Abimelekh dan isterinya dan budak-budaknya perempuan, sehingga mereka melahirkan anak.
20:18
Sebab tadinya TUHAN telah menutup kandungan setiap perempuan di istana Abimelekh karena Sara, isteri Abraham itu.

jadi apakah masih ada bahwa kisah yang terdapat didalam alkitab benar-benar pernah terjadi?
bukan kisah "fiksi" untuk mengecoh pembaca tentang peristiwa sebenarnya yang terjadi =

tokoh utama yaitu kisah "Ismail"?

bersambung

1 komentar:

el7cosmos said...

mari membaca Al-Quran!

ada situs yang bisa baca al-quran online trus ada audio playernya...