Yesus untuk seluruh bangsa?

postingan-postingan ini merupakan debat Romadi dengan Robert di al-islahonline.com yang oleh duladi hanya dimasukan disitus halaman dalam bagian jawaban dari robert pada awalnya saja, dan sama sekali tidak menyajikan bagaimana tanggapan-tanggapan Romadi berikutnya...

persoalan ini sebelumnya juga sudah saya postingkan di situs milik penghujat Islam/Duladi...

benarkah Yesus untuk seluruh bangsa = kecurangan Duladi di halaman dalam!
Pengirim : romadi :: tanggal 13 April 2007 23:59:26

sebelumnya duladi mengklaim bahwa apa yang ada di halaman dalam adalah sesuatu yang sudah final,benarkah demikian?

apa yang ada di http://mengenal-islam.t35.com/YesusHanyaUntukIsrael.htm

adalah postingan sdr robert yang menjawab postingan saya tanggal 27 november 2006

inilah postingan saya yang yang ditanggapi sdr Robert


persoalan tentang penginjilan ini adalah sebuah "fenomenal" yang sangat menarik dan unik!
kita akan begitu mudah menyaksikan dan melihat atau mendengar begitu bersemangat sekali para penginjil melakukan misinya!

yang sangat menarik adalah... sampai saat ini saya coba bertanya kepada banyak (beberapa forum diskusi keagamaan )dari mereka(penginjil) apakah bisa menjelaskan bahwa saat masih hidup Yesus mengajar atau menyuruh muridnya mengajar kepada bangsa lain.

tapi dari sekian banyaknya bertemu dengan mereka tak ada satupun yang mampu menjelaskan bahwa saat masih hidup yesus mengajar kepada orang diluar israel!

mereka selalu berdalil/beralasan dengan perintah Yesus saat (dianggap) sesudah mati/bangkit!

dan yang unik dengan karakter khas mereka masing maing,untuk menutupi ketidak mampuan tersebut beraneka ragam!

ada yang pura-pura tidak membaca pertanyaan saya(seperti Robert).

ada yang marah-marah,karena pertanyaan tersebut dianggap memojokkan/menyerang keyakinan mereka.

ada juga yang bersikap jujur/gentleman,mengakui bahwa saat masih hidup yesus tidak mengajar orang diluar orang Israel,tapi sayang kemudian ia menghilang.(tapi saya terkesan dengan sikap kejujurannya) ini menambah keyakinan saya bahwa sebuah kelompok itu tidak bisa dinilai secara generalisir!

ada juga siap menjelaskan,tapi sampai saat ini kesiapan akan janjinya belum dipenuhi!

maka pada kesempatan ini saya ingin ada diantara netter Kristen yang menjelaskan tentang soal ini!

karena kalau seandainya diantara mereka tidak mampu menjelaskan soal tersebut,maka sama saja mereka beragama berdasarkan perintah yang berlatar belakang "PENAMPAKAN".

siapakah yang melakukan "PENAMPAKAN" tersebut? apa pasti Yesus yang (dianggap) bangkit?
ataukah mahluk lain,yang target mereka ingin membelokkan /menyesatkan manusia dari ajaran Yesus yang sebenarnya?
siapakan makhluk lain yang punya misi utama menyesatkan manusia?

menyangkut tentang keyakinan orang lain saya lebih senang dengan bertanya,termasuk di forum ini,tapi saya ng,niat baik saya untuk melihat tentang keyakinan orang yang seobyektif mungkin sering kandas karena sikap dan perilaku dari mereka sendiri( awal-awal bertemu dengan robert saya memulai dengan bertanya,tapi sayang robert menanggapi pertanyaan saya bukan penjelasan yang baik tapi menambah dengan pelecehan-pelecehan) tapi alhamdulillah juga saya bisa bertemu dengan netter kristen lain(bukan di forum ini) yang sampai saat ini mau menjawab dan menjelaskan setiap pertanyaan dengan sikap yang apa adanya=informatif, menambah bukti bahwa setiap kelompok tidak bisa dinilai secara "gebyah uyah"=menyama-ratakan.

kita tunggu saja ada yang sudi menjelaskan soal ini!

wassalam

romadi

dan setelah lebih dari dua bulan kemudian Robert menanggapinya yang langsung di masukan Duladi di halaman dalam!

kecurangan duladi adalah tidak berani menyampaikan diskusi selanjutnya,maka dalam hal ini akan saya sampaikan kelanjutannya :(untuk meringkas akan saya sampaikan tanggapan-tanggapan dari saya dahulu..kalau ada yang ingin melengkapi monggo..........

tanggapan 1.

Judul artikel : Aksi Pemurtadan Pendeta Madura

romadi -- asal : jakarta tanggal : 12/02/2007
buat robert

anda menulis
To Romadi.

Sudah menjadi watak anda rupanya selalu menuduh para pendiskusi di Alislah ini dengan tuduhan yang sangat tidak mendasar dan hanya fitnah anda semata.

Jika anda begitu menuntut semua pertanyaan anda selalu dijawab dengan lugas dan tuntas…………lalu bagaimana pertanyaan-pertanyaan pendiskusi lainnya yang ditujukan kepada umat Islam ( termasuk anda…) apakah “ PERNAH “ anda jawab dengan lugas dan benar……………..?? saya selama mengikuti diskusi dalam al-islah ini tidak hanya pada diri anda tetapi juga pada pendiskusi dari umat islam lainnya……tidak pernah memberikan jawaban yang benar dan akurat mengenai keimanan anda sendiri ( Pembahasan thd pertanyaan yang menyangkut keimanan Islam ) dan juga menjawab beberapa pertanyaan baik yang “ Mudah “ terlebih yang “Sulit “ mengenai apa yang Al’quran katakana tentang kekristenan ( Yesus kristus dan Alkitab ).
**************
jawab

he...he...he.... kenapa anda seperti begitu sewot sekali.....
tidak seperti biasanya yang tenanggggg dan he....he...he...

kalau anda sekarang sedang begitu sewot maka saya menghadapinya dengan nyantai saja....

sekarang soal siapakah yang selalu menjawab dengan lugas dan benar biarlah pembaca sendiri yang menilai!

kalau penilaian anda saya sich nggak begitu kaget,karena setidaknya hampir satu tahun saya sudah begitu mengenal gaya postingan anda yang he...he...
*********

robert menulis
Memang paling mudah untuk menuntut seseorang menjawab segala pertanyaan yang diajukan secara tuntas dan benar……..?? tetapi jika motifasi pertanyaan itu hanya untuk mencari kesalahan ( Bukan mencari kebenaran ), hanya sekedar bertanya dan mungkin menjawab untuk membuktikan bahwa anda seolah-olah memahami thd topic tsb, atau menjawab hanya sekedar menjawab ( untuk menunjukkan bahwa anda “ Takut “ dianggap kalah atau tidak mampu menjawab )….semua hal ini telah dialami dalam setiap diskusi tentang keimanan tidak hanya keimanan islam sendiri tetapi juga keimanan Kristen.
Bagaimana anda menjawab pertanyaan saya yang mudah ttg kelahiran Yesus menurut Al’quran yang dibuktikan dengan bukti Injil dan Sejarah manusia…?
Bagimana anda menjawab “Fitnah-fitnah “ Muhammad tentang Ketuhanan Yesus dengan bukti yang anda punya….?? ….apakah umat Islam termasuk anda mempunyai kemampuan membuktikan keimanan anda yang benar tentang hal tsb…atau ada jawaban-jawaban yang sekedarnya untuk membuktikan bahwa Umat islam “SANGAT” beriman kepada Muhammad dan Al’quran tetapi tidak mampu membuktikan kebenaran keimanan mereka….?? Sampai sekarang tidak ada tanggapan yang memuaskan, akurat dan benar…..???
***************

jawab

he...he...he... lagi-lagi pakai jurus yang sudah usang!!! persoalan-persoalan yang anda sampaikan tersebut sudah saya sampaikan/jawab di tempat thread pertanyaan anda, jadi perilaku/postingan anda justru menunjukkan sikap kekanak-kanakan pada diri anda = coba-coba ingin mengalihkan perhatian = dari sejak awal diskusi dengan anda justru anda tidak mampu berdiskusi secara terfokus = bisa di baca postingan-postingan pertemuan diantara kita = biar pembaca yang menilai!!!

berapa banyak persoalan yang anda berakhir dengan melarikan diri???
*****

robert menulis lagi

Apa buktinya Misi Yesus terus berkembang dan akhirnya ditujukan kepada segala bangsa…..!! Ada beberapa kisah kesaksian dan pengajaran Yesus yang juga ditujukan kepada bangsa-bangsa lain sehingga bangsa tersebut memperoleh “Kasih Karunia “ dan “keselamatan” karena kedatangan Yesus baik pada masa hidupnya maupun perintah setelah kematian dan kebangkitannya.

Yesus menyembuhkan seorang perempuan dari Bangsa Kanaan ( bukan Bangsa Israel)
Dan akhirnya perempuan itu memperoleh kasih karunia Yesus karena keimanannya.

Matius: 15 :

15:22 Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita."
15:23 Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak."
15:24 Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."
15:25 Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku."
15:26 Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing."
15:27 Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya."
15:28 Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Saya hanya memberikan satu bukti saja ( Karena banyak bukti bagaimana Yesus juga bersaksi dan bermukjizat kepada banyak bangsa diluar Bangsa Israel……) dengan satu bukti ini saja sudah cukup “Mematahkan “ fitnah dan tuduhan sdr Romadi bahwa “ Yesus ternyata pernah memberikan kesaksian, mukjizat, kasih karunia kepada bangsa-bangsa diluar Bangsa israel …akhirnya kepada seluruh bangsa.!!!
*****
jawab

he....he...he... robert..robert.... seprtinya anda begitu PD sekali dengan hanya modal seperti itu
perhatikan baik-baik ayat yang anda kutip diatas!!

apakah ayat yang anda kutip tersebuy secara tegas dan lugas memberi petunjuk bahwa " Yesus berda'wah untuk seluruh bangsa" bukan bukti yang sebaliknya?

ayat 22 :menjelaskan wanita Kanaan "memohon dengan sangat" untuk menyembuhkan anaknya yang kerasukan Setan.

Ayat 23 :Yesus menanggapinya dengan :

a. tidak menjawab = “cuek bebek” = “emang gue pikirin” kalau istilah anak sekarang,
bagaimana tanggapan murid-muridnya?
Meminta kepada yesus untuk mengusirnya,karena wanita itu mengikuti dengan teriak-teriak = aduchhhh sangat mengganggu sekali tuch cewekkk!!!! = berharap kepada Yesus untuk bersikap tegas.

Ayat 24

Yesus menjawab dengan lugas dan tegas:

Bahwa ia hanya diutus untuk domba yang hilang dari Israel!!!

Apakah wanita tersebut menyerah begitu saja??

Ayat 25

Ia mendekat bahkan tidak sekedar mendekat tapi sampai menyembahnya!! Untuk memohon pertolongannya!!

Apakah Yesus akan begitu mudah luluh dengan permohonan wanita tersebut?

Ayat 26

Karena diberi penjelasan lugas dan tegas tidak mempan maka perlu dijelaskan dengan bahasa/ilustrasi yang sangat “ mendasar = kasar” yaitu memberi perumpamaan antara roti yang untuk anak-anak (domba Israel yang tersesat) dengan “ anjing” (buat non Israel)

Apakah dengan ilustrasi yang sangat “vulgar dan kasar” wanita tersebut menyerah?

Ayat 27

Wanita itu tidak menyerah ataupun tersinggung tapi tetap membenarkan apa yang disampaikan oleh Yesus!

Dan bagaimana yesus menyikapi persoalan tersebut

Ayat 28

Yesus terkagum-kagum dengan semangat pantang menyerah ibu tersebut!

Dan akhirnya anak ibu tersebut sembuh!!

Apakah kisah diatas memberi petunjuk perubahan misi da’wah Yesus yang sebelumnya hanya untuk orang Israel berubah untuk seluruh bangsa?

Dan perubahan yesus tersebut disebabkan kesadaran yang suka rela = tanpa didasari hanya kasihan,darurat,dan kekaguman atas ke gigihan ibu tersebut?

Apakah wanita Kanaan tersebut mendapatkan kesembuhannya bersikap pasif ataukah bersikap gigih?

Dan apakah yang di lakukan yesus kepada wanita Kanaan merupakan misi da’wah ataukah memberi pertolongan?

Lagi-lagi kalau ayat tersebut untuk dijadikan pembenaran bahwa Yesus untuk seluruh bangsa = sangat jauh dari konteks ayat tersebut = apakah anda tidak berfikir soal itu?

Apakah hati anda tidak bisa memahami soal itu???
********

robert menutup tulisannya

Memang paling enak dan mudah bertanya mas…………………!!! Karena untuk menjawab satu atau beberapa pertanyaan diperlukan pengetahuan dan pemahaman yang “CUKUP” untuk menyatakan keimanan seseorang akan agamanya.
Anak kecil pun sangat senang bertanya….tetapi sangat sulit menjawab….karena memang kemampuan mereka tidak ada……??

Cobalah ubah pola pemikiran anda yang menunjukkan ketidak mampuan dan kedangkalan keimanan anda itu dengan prinsip “ Lebih baik menjawab pertanyaan sebagai bukti keimanan saya dari pada sekedar bertanya keimanan orang lain “
Khan ada peribahasa “ Lebih bahagia memberi daripada menerima “
Jawab

He…he…he…. Seperti tulisan yang mempertegas dirinya,seperti anak kecil yang punya penyakit: asyik didunianya sendiri = autis = dan pelupa…….

Apakah di forum ini anda hanya selalu menjawab tidak pernah bertanya?
Apakah anda selalu menerima penjelasan orang lain dengan suka hati ataukah suka menuntut berlebihannnn = Robert…Robert….

Wassalam

romadi


********************

tanggapan kedua

romadi -- asal : jakarta tanggal : 13/02/2007
robert menulis

Tuh khan bener……………..jawaban anda hanya seperti ini terus , hal ini menunjukkan kwalitas anda yang hanya berlandaskan “ Keimanan Buta “ terhada agama anda saja.

Ketika saya sudah menyerahkan segala sesuatu kepada anda…………..ternyata jawabanya masih saja menuduh dan berkelit. Anda sendiri yang menuntut jawaban setiap pertanyaan anda dengan lugas , tepat dan benar , tetapi jika dikembalikan kepada anda sendiri…..” Apakah anda telah menjawab setiap pertanyaan yang diajukan dengan lugas,tepat dan benar…..? kenyataan yang diperoleh…………….Hmmmmmmmmmmmmm…….seperti biasa lah….” Ketidakmapuan dan perdebatan dalam konteks menuduh lawan bicaranya ……!!!!!
**********

jawab

he...he...he...

siapakah yang menunjukkan keimanan buta?
ternyata anda menunjuk pada diri sendiri,karena tidak mampu melanjutkan/menjelaskan postingan-postingan saya sebelumnya. tapi lebih suka menuduh lawan bicara = penyakit lama anda nggak sembuh-sembuh juga,yaitu : maling teriak maling

dan sebagai bukti konkrit bahwa anda berkeyakinan buta adalah tulisan akhir anda ,yaitu:
****
dapat anda ambil satu pelajaran bahwa “ AKHIRNYA Yesuspun memberikan kasih karunia dan keselamatan kepada Bangsa diluar Israel “ ….saya rasa cukup jelas .
********

he...he...he... ternyata ia tidak mampu menangkap pesan yang sudah saya sampaikan karena asyik didunianya sendiri ,

bahwa wanita Kanaan tersebut adalah kisah "pengecualian" karena kegigihan dan pantang menyerahnya!!

dan robert nggak mampu memberi bukti lain lagi yang sangat kuat = ia beriman secara buta!!!!

pada saat itu sdr Bravo memotong(ikut nimbrung dan langsung saya tanggapi)

romadi -- asal : jakarta tanggal : 15/02/2007
sdr bravo menulis

Sorry ya kalau saya memotong.

Pak Romadi, mengenai Yesus berbicara dengan orang2 non Yahudi dan memberitakan keselamatan kepada mereka (orang non Yahudi). Yaitu ketika Yesus berbicara dengan seorang wanita Samaria. Yesus berbicara kepada wanita tersebut dan mengatakan kalau Ia (Yesus) adalah Mesias yang dijanjikan itu. (Kisah selengkapnya dapat dibaca dalam Yohanes 4)

Hal tersebut menunjukkan kalau Yesus juga datang untuk bangsa2 lain yg non Yahudi! Keselamatan juga diberikan kepada bangsa2 lain yang non Yahudi.
*******

jawab

perhatikan baik-baik postingan saya soal kisah Yesus dan perempuan Kanaan tersebut secara perlahan-lahan!!!

bersihkan hati dan pikiran anda dari doktrin-dokttrin dahulu = agar anda bisa memahamiii persoalan tersebut secara obyektif!!

kemudian kalau anda beralasan dengan Yohanes 4,mengapa anda tidak postingkan ayat tersebut?,
biar bisa didiskusikan = klaim ayat yang anda jadikan pegangan biar jelas !!

saya tunggu penjelasan anda terlebih dahulu....

wassalam

romadi
****************

romadi -- asal : jakarta tanggal : 17/02/2007
robert menulis

To Romadi:

Anda memang tipe penyeyel tulen…..sudah dijelaskan tetapi pura-pura bodoh saja…………..

Coba anda perhatikan komentar sdr Bravo…….????
Anda akan memahami bahwa pemikiran Umatk Kristen mengenai peranan Yesus dalam “ Penyelamatan “ ternyata mempunyai pemahaman yang sama yaitu tdk hanya kepada Bangsa Israel tetapi juga dengan Bangsa Lain telah nyata dari salah satu yang Yesus Lakukan terhadap Perempuan Kanaan tsb.
Apakah ini berarti saya dan Sdr Bravo atau umat Kristen lainnya beriman secara buta kepada Yesus……????
Saya rasa sudah cukup jelas bukan…….????

Agar anda terbukti tidak beriman Buta kepada Muhammad dan Al’quran
Sekarang giliran anda menjawab pertanyaan saya …………….??? Pleaseeeeeeee !!

***********

apanya yang jelas dari penjelasan Bravo dan anda???

sikap anda ini sangat aneh dan tidak konsisten!!

kalau anda menganggap jawaban saya terhadap pertanyaan anda dinggap tidak tepat,lugas,dan benar. tetapi penjelasan Bravo yang demikian singkat dan belum sama sekali menyampaikan ayat-ayatnya secara terperinci (karena tidak semua pembaca mempunyai alkitab = bisa cek n recek).

dan kalau anda menganggap Yohanes 4 itu argumentasi yang kuat kenapa anda juga tidak menyampaikan secara gamblang!! = kalau anda memang menjawab dengan benar,tepat dan lugas kenapa harus bersikap seperti itu??
******************

tanggapan kedua

romadi -- asal : jakarta tanggal : 02/03/2007
Buat robert bagian 1

Sebelumnya saya (romadi) menulis :

apanya yang jelas dari penjelasan Bravo dan anda???

sikap anda ini sangat aneh dan tidak konsisten!!

kalau anda menganggap jawaban saya terhadap pertanyaan anda dinggap tidak tepat,lugas,dan benar. tetapi penjelasan Bravo yang demikian singkat dan belum sama sekali menyampaikan ayat-ayatnya secara terperinci (karena tidak semua pembaca mempunyai alkitab = bisa cek n recek).

dan kalau anda menganggap Yohanes 4 itu argumentasi yang kuat kenapa anda juga tidak menyampaikan secara gamblang!! = kalau anda memang menjawab dengan benar,tepat dan lugas kenapa harus bersikap seperti itu??
/ / / / / / / / /

Kemudian Robert menanggapinya

To Romadi”

Nah………..baru deh ketahuan…..ternyata anda memiliki pemahaman yang sangat terbatas, oleh sebab itu jika anda dijelaskan atau diberi pengertian dan pengetahuan yang baru tentang Alkitab….anda harus menyimaknya dan tidak usah mengimani tetapi sekedar mengetahui tentang topic yang sedang dibahas…….jadi kesan nya anda tidak terlalu ngeyel dan sok tahu.

Inilah resiko jika menjelaskan kepada seseorang yang tidak tahu tetapi “ Pura-puta Tahu “ sehingga harus diulang-ulang terus…………..atau anda bertanya sekedarnya saja yang intinya hanya ingin mencari kesalahan dan mencari “ Kemenangan “.
Kalau pemikiran anda seperti ini………repot juga menghadapi orang seperti anda ini……!!!!!! Harus dibutuhkan kesabaran yang tinggi tidak hanya menjawab semua pertanyaan yang anda ajukan tetapi juga menunggu semua penjelasan yang mudah tentang keimanan Islam yang selama ini belun terjawab dengan tuntas dan jelas ( Sesuai dengan dalil keimanan islam yaitu Al’quran dan Hadist ).// / / / / / / /

Jawab :

Saya akan menanggapi balik pernyataan Robert tersebut!!

He…he…he… lagi-lagi Robert tidak menunjukkan sikap tenangnya dan kedewasaannya tetapi bersikap emosional dengan menanggapi jauh dari konteks yang saya sampaikan dengan sikap kekanak-kanakan!

Sampai saat ini tabiat Robert nggak berubah-ubah (dari pertemuan awal), menganggap orang yang bertanya atau “mempertanyakan” dianggap mewakili sejauh mana pengetahuan orang tersebut = tidak tahu persoalan tersebut!

Karena sebelumnya saya mempertanyakan klaim anda yang menganggap penjelasan anda sudah jelas, namun kenyataannya sama sekali tidak jelas!

Dan sangat disayangkan sekali, dia ingin menjelaskan tetapi di awali dengan sikap menggerutu tidak karuan…. Yang sama sekali jauh dari Konteks apa yang saya sampaikan sebelumnya!! / / / / / / / /


Robert menulis
Sebenarnya penjelasan Saya dengan satu contoh saja ( Bangsa Kanaan ) dan dijelaskan dengan contoh Lain oleh Sdr Bravo ( Bangsa Samaria ) menambah jelas bahwa Tuduhan anda bahwa Yesus HANYA menjadi juru Selamat bagi Bangsa Israel dapat “ Dipatahkan “ .(Sebenarnya satu contoh saja sudah cukup loh….!!!!)
Baiklah….saya akan menjelaskan kembali secara pelan-pelan dan menggunakan bahasa yang sangat-sangat sederhana agar pembaca memahaminya ( Kayak lagi cerita dongeng sama anak SD aja…….) / / // /

Romadi menjawab

1. apa yang anda sampaikan tentang contoh bangsa Kanaan sudah saya tanggapi secara terperinci tetapi anda menanggapi postingan saya tanpa tanggapan terperinci!

Klaim anda sudah mematahkan argumentasi anda hanya baru khayalan belaka

2. tentang penjelasan dari Bravo,sama sekali tidak jelas .

perhatikan postingan bravo selengkapnya :

“bravo -- asal : Pontianak tanggal : 14/02/2007
To:Romadi
====================================================
Romadi wrote:
bahwa wanita Kanaan tersebut adalah kisah "pengecualian" karena kegigihan dan pantang menyerahnya!!
====================================================
jawab:
Sorry ya kalau saya memotong.

Pak Romadi, mengenai Yesus berbicara dengan orang2 non Yahudi dan memberitakan keselamatan kepada mereka (orang non Yahudi). Yaitu ketika Yesus berbicara dengan seorang wanita Samaria. Yesus berbicara kepada wanita tersebut dan mengatakan kalau Ia (Yesus) adalah Mesias yang dijanjikan itu. (Kisah selengkapnya dapat dibaca dalam Yohanes 4)

Hal tersebut menunjukkan kalau Yesus juga datang untuk bangsa2 lain yg non Yahudi! Keselamatan juga diberikan kepada bangsa2 lain yang non Yahudi.

Sekian dulu komentar saya
God Bless you!

From Pontianak with Love
bravo

sebelumnya romadi sudah menjawab:

kemudian kalau anda beralasan dengan Yohanes 4,mengapa anda tidak postingkan ayat tersebut?,
biar bisa didiskusikan = klaim ayat yang anda jadikan pegangan biar jelas !!

saya tunggu penjelasan anda terlebih dahulu....

jawaban saya (romadi) selanjutnya adalah

kenyataannya sampai saat ini Sdr Bravo sama sekali tidak menjelaskan selanjutnya!

Dan justru anda yang selanjutnya menanggapi dengan menggerutu dan terus menggerutu !

Dan setelah saya meminta kembali penjelasan (karena yang membaca postingan ini tidak semua mempunyai alkitab ) baru anda mau menjawab tetapi harus diawali dengan gerutuan (kayak anak kecil = TK) = sangat-sangat disayangkan = inikah ajaran Kasih yang anda gembor-gemborkan?

Mengasihi musuh (kalau saya dianggap musuh) dengan sikap orang bertanya anda tanggapi dengan tidak langsung menjawab tetapi meremehkan dan melecehkan?

Rasanya sikap tersebut jauh sekali dari sikap “kasih” / cinta sesuai yang di ajarkan Yesus!!! / / / / / / /


Robert menulis

Pertama-tama yang perlu difahami bahwa “ Kedatangan Yesus kedunia dikhususkan untuk menjadi Mesias atau juru Selamat bagi bangsa Pilihan yaitu Bangsa Israel. Tetapi karena Bangsa Israel tidak mau menerima Yesus dan bahkan ingin membunuhnya maka Allah melalui Yesus memberikan kuasa untuk mula secara perlahan-lahan memberikan keselamatan kepada Bangsa-bangsa lain ( Disebut juga domba-diomba lain diluar kawanan kecil (Yoh 10: 16 ).
/ / / / / /

romadi menjawab

untuk memahami tentang Yohanes 10:16 maka rasanya lebih baik lagi kalau kita memperhatikan secara keseluruhan yaitu yohanes 10:1-42

tetapi saya tidak akan bersikap seperti Bravo yang memberitahu satu pasal tanpa disertai penjelasan selanjutnya!

Pertama kita kutip dahulu Yohanes 10:16 yang di referensikan oleh Robert(soal gembala yang baik)

Yohanes 10:16
“ Ada lagi padaKu domba-domba lain,yang bukan dari kandang ini ;domba itu harus aku tuntun juga dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala”

setelah membaca ayat yang direferensikan Robert tersebut maka sangat jelas bahwa Robert menafsirkan kata “domba-domba di kandang ini ” sebagai bangsa Israel,sedangkan domba-domba kandang lain adalah bangsa lain diluar bangsa Israel, benarkah demikian?

Maka pada bab selanjutnya(setelah soal gembala yang baik ) akan kita dapati soal Yesus di tolak orang-orang Yahudi, dan ada kalimat-kalimat yang perlu kita perhatikan yaitu :

Yohanes 10:24-25

24 Maka orang-orang Yahudi mengelilingi dia, dan berkata kepadanya : “ berapa lama lagi engkau membiarkan kami hidup dalam bimbangan ? jikalau engkau Mesias,katakanlah terus terang kepada kami.

25 Yesus terus menjawab: “aku telah mengatakan kepadamu ,tetapi kamu tidak percaya ;pekerjaan-pekerjaan yang kulakukan dalam nama BapaKu,itlah yang memberikan kesaksian tentang aku

26 tetapi kamu tidak tidak percaya ,karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku

Dan jelas kebanyakan orang Yahudi di Yerusalem tidak menjadi domba Yesus,
Maka sangat jelas sekali bahwa yang dimaksud domba Yesus adalah yang percaya dan mendengarkan Yesus, dan dijanjikan hidup yang kekal dan tidak binasa dan seorangpun tidak dapat merebut dari tangannya!

Maka dengan penjelasan diatas maka penjelasan soal kandang lain terbuka lebar yang dimaksud adalah orang-orang Yahudi yang mendengar dan percaya kepada Yesus tetapi tidak dari / berasal dari Domba/orang yahudi dari kota Yerusalem = orang Yahudi dari kota lain, bukan persoalan tentang bangsa lain!!



Namun menyimak ayat-ayat Yohanes 10:1-42 menyisakan pertanyaan yang sangat mendasar yaitu :

1. tentang Yesus di perumpamakan pintu(Yoh 10:7),setiap gembala harus melewati pintu tersebut (yesus) kalau tidak melewati pintu maka ia disebut “PENCURI” dan “PERAMPOK” (yoh 10:1)

Dan barangsiapa lewat “pintu” tersebut maka ia akan selamat,maka pernyataan tersebut semakna dengan Yohanes 14:16 (ayat favorit orang Kristen )

“Akulah jalan kebenaran dan hidup.tidak seorangpun yang datang kepada Bapa ,kalau tidak melalui aku”

Dan orang yang datang sebelum Yesus adalah “PENCURI” dan “PERAMPOK”!!!

Maka pertanyaannya adalah apakah Yesus mengatakan bahwa :
Abraham,Ishaq,Yakub,musa,Daud,Ayub,zakaria,Yohanes sang pembaptis dll(orang-orang SHALEH sebelum Yesus) adalah “PENCURI DAN PERAMPOK”???

DAN MEREKA MANUSIA-MANUSIA PILIHAN TUHAN TERSEBUT TIDAK SAMPAI KEPADA BAPA KARENA TIDAK MELALUI YESUS?

2. tentang janji Yesus,bahwa domba-domba yesus(orang yang oercaya dan mendengar Yesus) mendapatkan hidup yang kekal dan tidak binasa.

Pertanyaannya adalah sudah hampir 2000tahun (kalau pernyataan itu pernah ada).

Adakah manusia yang percaya dan mendengar Yesus,yang tidak merasakan mati = sampai saat ini masih hidup karena tidak pernah binasa?

Kalau janji tersebut untuk kehidupan sesudah mati,akan hidup kekal dan tidak binasa,maka dalam keyakinan Islam orang tersebut beriman atau tidak beriman,percaya atau tiudak [ercaya akan adanya Tuhan akan mendapatkan kehidupan yang kekal,yang berbeda adalah bagaimana nasib mereka dalam kehidupan kekal tersebut.

/ / / / / / /

Robert menulis

Darimana kita tahu bahwa Yesus tidak hanya memberikan keselamatan atau istilah yang terkenal “ MEMBERITAKAN INJIL/KABAR KESUKAAN “ tentang keselamatan tidak hanya kepada Bangsa Israel tetapi juga telah MULAI kepada bangsa-bangsa lain disekitar Bangsa Israel dan akhirnya diperintahkan keseluruh Bumi ( Perintah sebelum Yesus terangkat ke sorga ( Mat 28:19-20)).
/ / / / / / /

romadi menjawab

kita perhatikan lagi ayat yang di referensikan Robert,yaitu:

Matius 28:19-20

19. karena itu perxxxh ,jadikanlah semua bangsa muridku dan baptislah mereka dengan nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus

20 ajarkanlah merka melakukan segala sesuatu yang telah aku perintahkan kepadamu, dan ketahuilah aku menyertai kamu sampai kepada akhir zaman.

Kelihatannya ayat diatas merupakan bukti yang sangat kuat bahwa Yesus menyatakan kerasulan Universal.Akan tetapi ,ada banyak kekurangan penting dan serius dalam ayat di atas. Sekarang kita telaah kekurangan-kekurangan ini.

Pertama ,

dan terpenting harus diingat bahwa Matius mengambarkan pernyataan diatas dari mulut “Yesus yang dibangkitkan”,bukan dari saat Yesus melaksanakan Misi
“ kerasulan di dunia” .dalam kitab-kitab perjanjian baru ,penggunaan konsep Yesus “yang dibangkitkan” seringkali berupa sandi yang menunjukan bahwa apa yang disebut “saksi“ benar-benar telah mengalami”penampakan”.dalam hal ini ,kita harus mempertimbangkan kasus “penampakan “ Paulus(Saul dari Tarsus) ketika ia melakukan perjalanan dari Yerusalem dan Damaskus ,dengan maksud untuk menyiksa para pengikut awal Yesus.(kisah rasul 9:1-9)

jelasnya ,sebuah “penampakan” –dengan otoritas sendiri – tidak bisa mengklaim jenis kepercayaan historis yang sama seperti kata yang diucapkan Yesus sewaktu masih hidup dan kenabiannya seperti diketahui,keraguan yang nyata mengenai keakuratan sejarah pernyataan diatas menjadi sangat jelas.

Kedua ,

ungkapan Yesus yang dilaporkan dan diduga merupakan perintah kepada murid-muridnya adalah suatu rumusan pembaptisan liturgis dalam bentuk literer yang menunjukan asal muasalnya dalam gereja-gereja Kristen Awal.dengan penyutingan dan peredaksian kemudian atas Matius,rumusan pembaptisan liturgis ini tampaknya telah dimodifikasi menjadi(berasal dari) kata-kata Yesus”yang dibangkitkan”.karena bentuk analisis kritis(formgeschichte) atas ungkapan itu mengarah pada penisbahannya dengan gereja-gereja Kristen awal,yang sampai batas tertentu kemungkinan tidak lebih awal daripada abad ke-2M bahwa perumusan pembaptisan ini menujuk pada waktu yang jauh lebih belakangan daripada Yesus bila dilihat dengan adanya fakta bahwa para murid melanjutkan pembaptisan hanya atas nama Yesus,dengan menghindari setiap penyebutan trinitas dalam rumusan pembaptisan liturgisnya.

Ketiga,

kritiks teks menunjukan bahwa ayat dari Matius di atas mendapatkan banyak sisipan dan penambahan kemudian.
Misalnya,

dalam kutipan abad ke-4M dari ayat diatas,Eusebius menyatakan sebagai “membaptis atas namaku”,eusebius Pampili adalah seorang uskup Caesarea pada abad ke-4 masehi,dia adalah pengarang karya monumental “ Ecclesiastical History,chronology, dan pelbagai macam apologi serta komentar.alih-alih’ membaptis atas nama Bapa,putra,dan roh kudus,” karenanya paling tidak hingga akhir abadke 4 M,ayat Matius di atas masih mengalami proses penyutingan dan penambahan oleh mereka yang ada di gereja Kristen! Fakta ini sendiri cukup untuk menilai bahwa kesejarahan ayat Matius menjadi sangat sama sekali tidak berarti!!

BERSAMBUNG

romadi -- asal : jakarta tanggal : 02/03/2007
Lanjutan
Bagian 2

Robert menulis

Saya akan memberikan 2 contoh yang nyata pada saat Yesus berusaha memberitakan Injil Keselamatan ke Bangsa Israel yang keras kepala tetapi selama Yesus melakukan tugas tsb ternyata Yesus menerima wujud Keimanan dan kepercayaan yang besar dari Bangsa-bangsa kafir disekitar Bangsa Israel sehingga akhirnya Yesuspun menerima mereka untuk diselamatkan ( Karena begitu besar Keimanan mereka pada Yesus dan mengakui Yesus sebagai Mesias atau Kristus yang dijanjikan ).

Contoh 1 yaitu Yesus menyembuhkan orang kanaan ( Bangsa Kanaan ) dimana Yesus awal mulanya menolak untuk memberikan kesembuhan dan bantuan kepada orang kanaan tersebut, seperti yang dijelaskan dalam Matius 15 : 21-28 dan penolakan Yesus ini jelas-jelas dinyatakan dalam ayat : Matius 15:24 “ Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."

Tetapi karena Yesus melihat begitu besar keimanan Perempuan Kanaan tersebut dan karena tergerak oleh belas kasihan dan mungkin Yesus melihat bahwa Bangsa lain diluar Israel ternyata lebih beriman dan menghargai Yesus maka akhirnya Yesus memberikan kasih karunianya yaitu satu mukjizat kepada perempuan Kanaan tersebut.
Seperti yang dijelaskan dalam ayat : Matius 5:28 “ Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.”

• / / / / / / / *

romadi menjawab

persoalan yang Robert sampaikan tersebut sudah saya tanggapi secara terperinci,justru kisah tersebut mempertegas bahwa misi Yesus hanya untuk orang Israel,sedangkan penyembuhan putri perempuan tersebut adalah
hanya dalam bentuk penyembuhan mukjizati,bukan dalam bentuk mewartakan pesan yang membuatnya dipercayai .tidak ada kitab suci Kristen yang menunjukan bahwa Yesus mengajar atau menyampaikan pewartaan kepada perempuan Kanaan . Contoh tersebut hanya meneguhkan bahwa Yesus ,dalam kondisi yang benar-benar membutuhkan pengecualian ,melakukan penyembuhan diluar “tanah Israel” tetapi ia masih tetap tidak menjangkau selain domba-domba yang tersesat dari tanah Israel”.

/ / / / / / / /

Robert menulis

Yohanes 4:9 Maka kata perempuan Samaria itu kepada-Nya: "Masakan Engkau, seorang Yahudi, minta minum kepadaku, seorang Samaria?" (Sebab orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria.) 4:10 Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau engkau tahu tentang karunia Allah dan siapakah Dia yang berkata kepadamu: Berilah Aku minum! niscaya engkau telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup."

Penjelasan : Adat istiadat dan kebiasaan pada masa itu bahwa Orang Yahudi/Bangsa Israel tidak boleh berbicara dan bergaul dengan bangsa lain termasuk bangsa Samaria dan Yesus ternyata melanggar adat istiadat tersebut tentu dengan tujuan memberikan pengajaran kepada murid-muridnya bahwa “Berita Injil” harus diberikan kepada bangsa-bangsa lain diluar bangsa Israel.

/ / / / / / / /

romadi menjawab

lagi-lagi Robert memberikan kesimpulan bahwa pernyataan Yesus tersebut sebagai pengajaran di luar bangsa Israel.

Marilah kita perhatikan secara seksama pada Yohanes 4:10

“4:10 Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau engkau tahu tentang karunia Allah dan siapakah Dia yang berkata kepadamu: Berilah Aku minum! niscaya engkau telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup."

Penjelasan ayat sebelumnya:
Yesus sebelumnya sangat letih dan beristirahat di pinggir sumur,dan wanita tersebut datang.

Kemudian yesus meminta air kepada perempuan samaria tersebut (karena di tinggal murid-muridnya ke kota untuk beli makanan).

Dan wanita tersebut seperti tidak percaya ada orang Yahudi yang meminta air kepada wanita samaria,kemudian dijelaskanlah seperti ayat diatas!

Yesus seperti ingin menjelaskan bahwa wanita tersebut adalah wanita yang mendapatkan karunia Allah,karena dengan karunia Allahlah ia meminta air kepada wanita tersebut, dan karunia allah tersebut di ilustrasikan sebagai air yang hidup berbeda dengan air yang ada dalam sumur tersebut!
///////

robert menulis

Bahkan Yesus sendiri “ MENGUNDANG “ perempuan Samaria itu untuk percaya kepada Yesus dan menyembah Allah yang benar dan “ TELAH TIBA SAATNYA “ mereka menyembah kepada Allahnya Bangsa Israel dengan “Roh dan Kebenaran “ , ini dapat dibaca dalam ayat :

Yohanes 4:21 Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem. 4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.
4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."
/////////

romadi menjawab.

Lagi-alagi ayat yang dikutip oleh robert sama sekali tidak ada seritan bahwa apa yang disampaikan Yesus sebagai “UNDANGAN” tetapi sebuah penjelasan bahwa akan datangnya bahwa orang Samaria akan menyembah Tuhan bukan di / menghadap Gunung Ini dan bukan pula di / menghadap Yerusalem tetapi ditempat lain= mengisyaratkan akan ada perubahan seperti yang diyakini orang waktu itu dalam menyembah Tuhan.

Maka timbul pertanyaan selanjutnya, dimanakah mereka akan (menghadap )menyembah Tuhan dengan roh dan kebenaran?

Maka mengenai “roh dan kebenaran” maka kita perlu simak juga di
Yohanes 16:6-14.

Setidaknya bisa kita kutip ayat 7

“NAMUN BENAR APA YANG KUKATAKAN PADAMU : ADALAH LEBIH BERGUNA JIKA AKU PERGI,JIKA AKU TIDAK PERGI ,PENGHIBUR ITU TIDAK DATANG KEPADAMU,TETAPI JIKA AKU PERGI ,AKU AKAN MENGUTUS DIA KEPADAMU “

Ayat di atas mengisyaratkan akan datangnya “penghibur”, dan jika Yesus tidak pergi maka sang penghibur tersebut tidak datang = secara kronologis datangnya sang penghibur sesudah / kepergian Yesus.

Sebagian besar orang Kristen mengartikan “sang penghibur” ini dengan Roh kudus.

Tetapi kemudian akan timbul pertanyaan :

Apakak Roh Kudus memasuki dunia manusia hanya setelah pengangkatan Yesus?
Apakah Yesus harus pergi agar Roh Kudus bisa datang untuk pertama kali?

Jawaban yang didasarkan pada Al Kitab atas pertanyaan ini adalah”TIDAK”.

Al Kitab mencatat banyak contoh mengenai Roh Kudus yang bekerja di Dunia manusia Jauh sebelum pengangkatan Yesus.
Lebih dari satu ayat alkitabiah merujuk pada Roh Kudus yang telah hadir didunia selama zaman Raja Daud selama Abad ke 10 dan 11 SM,serta menjadi ilham dan wahyu

Daud(Mazmur:51:11;markus 12:3;Kisah Rasul 1:16;4:25)

Roh Kudus konon ,menjadi sumber wahyu Yesaya(Kisah Rasul 28:25)

Roh Kuduslah yang konon mencerahkan seluruh bangsa israel sebelum ramalan-ramalan Yesaya dalam perjanjian Lama. (Yesaya 63:10-11)

Roh Kuduslah yang konon memberikan wahyu kepada Simeon di di Yerusalem selama abad-abad pertama sebelum masehi dan masehi(lukas 2:25-26)

Roh kuduslah yang memberikan wahyu kepada Elizabeth,ibu Yohanes sang Pembaptis (lukas 1:15)

Roh Kuduslah yang memberikan wahyu kepada Zakaria ,ayah Yohanes sang Pembaptis (Lukas 1:41)

Roh Kuduslah yang turun kepada Maria,ibu Yesus (Lukas 1:67)

Roh Kuduslah yang yang memasukan wahyu kedalam diri yesus (Mat 1:20;3:11;Markus 1:8;Lukas 3:16,22;4:1;10:21 Yohanes 1:33;Kisah rasul 10:38)

Jelasnya Roh Kudus sudah bekerja didunia umat manusia dengan menjelaskan perannya sebagai penyampai wahyu dan ilham jauh sebelum pengangkatan Yesus!

Jadi dengan penjelasan diatas tersebut bahwa sang penghibur bukanlah Roh kudus.karena ia baru bisa datang menunggu kepergian Yesus terlebih dahulu(setelah masa kehidupan Yesus)

(lanturan singkat layak dibuat pada butir ini.dalam ayat –ayatnya yang dirujuk ) dan dikutip dari Al Kitab di atas ,presentasi konsistensi atas Roih Kudus adalah penyampai ilham dan wahyu dari Allah kepada orang pilihan Allah ,baik itu Daud,Yesaya,anak-anak Israel,Simeon dari Yerusalem,Elizabeth,Zakaria,Yohanes sang Pembaptis,Maria dan Yesus. Dalam hal ini,perlu dikatakan bahwa pemahaman Islam Tradisional mengenai istilah “Roh Kudus” merujuk kepada Malaikat Jibrilyang menjadi perantara antara Allah dan para nabi dan Rasul-Nya,
sebagaimana dijelaskan di atas ,Al Kitab memberikan banyak pernyataan bahwa Roh Kudus telah hadir dan bekerja didunia sebagai sumber wahyu dan ilham jauh sebelum pengangkatan Yesus.jadi apakah harus harus ditunggu oleh murid-murid sebelum mengembangkan kerasulan Yesus diluar batas-batas” tanah Israel”?.

Maka sekarang kita kembali ke laptoooop…..(soal Yesus dan wanita Samaria)

Maka kisah tersebut menjelaskan tentang karunia alllah yang di terima wanita Samaritan dan sama sekali tidak menjelaskan secara tegas meralat apa yang pernah ia pesankan kepada para murid-muridnya… karena sebelumnya ia berpesan dengan tegas dan lugas.

Justru sangat jelas sekali bahwa yesus mengisyaratkan berpindahnya tempat/menghadap mereka dalam menyembah Tuhannya dan datangnya seorang Penghibur!

Maka siapakah sang penghibur tersebut?
Dan dimana mereka akan menyembah Tuhan dengan roh dan kebenaran?

Justru harus penting diingat Yesus berpesan kepada murid-muridnya di dalam

Matius 10:5-6

“dua belas orang ini diutus Yesus dengan perintah-perintah berikut:”janganlah pergi ke tempat orang-orang non Yahudi ,dan janganlah memasuki kota Samaritan ,tetapi temuilah domba-domba tersesat dari tanah Israel”

maka kalau kisah Yesus dan wanita samaria tersebut sebagai penjelasan bahwa Yesus untuk semua bangsa, karena sama saja menunjukkan bahwa yesus tidak konsisten dengan apa yang ia pesankan pada murid-muridnya!

Semoga bermanfaat bagi kita semua

Wassalam

romadi


tanggapan ketiga

romadi -- asal : jakarta tanggal : 11/03/2007
buat Robert

sebelumnya saya(romadi )menulis / menjawab postingan anda

Saya akan menanggapi balik pernyataan Robert tersebut!!

He…he…he… lagi-lagi Robert tidak menunjukkan sikap tenangnya dan kedewasaannya tetapi bersikap emosional dengan menanggapi jauh dari konteks yang saya sampaikan dengan sikap kekanak-kanakan!

Sampai saat ini tabiat Robert nggak berubah-ubah (dari pertemuan awal), menganggap orang yang bertanya atau “mempertanyakan” dianggap mewakili sejauh mana pengetahuan orang tersebut = tidak tahu persoalan tersebut!

Karena sebelumnya saya mempertanyakan klaim anda yang menganggap penjelasan anda sudah jelas, namun kenyataannya sama sekali tidak jelas!

Dan sangat disayangkan sekali, dia ingin menjelaskan tetapi di awali dengan sikap menggerutu tidak karuan…. Yang sama sekali jauh dari Konteks apa yang saya sampaikan sebelumnya!!
=========================]

dan robert menanggapinya

Dari komentar anda saya dapat simpulkan ( dan saya rasa kesimpulan ini cukup mewakili siapa anda sebenarnya :
Anda berkomentar :”…………….. menganggap orang yang bertanya atau “mempertanyakan” dianggap mewakili sejauh mana pengetahuan orang tersebut = tidak tahu persoalan tersebut!.........”
Saya jadi sedikit heran kepada anda…..jika anda bertanya tetapi anda “ Sudah “ mengetahui jawaban dari pertanyaan yang anda ingin sampaikan maka tujuan anda hanya untuk “ Menguji/mengetes “ sipenjawab ( Terutama pihak Umat Kristen ) sehingga dari jawaban-jawaban mereka dapat anda bantah bahkan sanggah dengan argumentasi yang anda pelajari dari situs/artikel/buku yang khusus membahasa menganai dialog dan diskusi ttg agama Islam VS Kristen ( Umumnya bantahan anda adalah hasil Copy/Paste saja bukan pengembangan ide atau pemahaman anda thd topic yang sedang didiskusikan )
Selain itu ada kesan anda “ Membodohi diri sendiri “ dengan seolah-olah anda tidak mengetahui jawaban yang telah diberikan ( Sebenarnya anda sudah mengetahui hanya saja tujuannya bukan untuk mencari kebanaran tetapi “Hanya “ untuk mencari Kesalahan saja ).
Oleh sebab itu jika ada berkomentar bahwa “ Anda lebih suka bertanya dari pada menjawan “ maka melihat dari record anda thd diskusi ini maka dapat saya maklumi jika anda selalu bersikap seperti ini.
Berubahlah paradikma anda tidak hanya bertanya pada Umat Kristen tetapi juga “ MENJAWAB “ pertannyaam mereka tentang “ Keimanan anda sendiri “…….!!!!!!! Sehingga akan mencerminkan siapa anda sebenarnya ?????

=========================

romadi menjawab

robert...robert.....
sebelumnya anda menilai bahwa orang bertanya mewakili pengetahuannya(menganggap pengetahuan orang yang bertanya itu terbatas/sedikit)

tetapi setelah postingan anda tersebut di tanggapi anda berubah (tetapi masih berfikir buruk) bahwa orang yang bertanya sudah tahu jawaban yang ditanyaunya /hanya sekedar mengetes.

sikap ini dari sikap ekstrem satu ke ekstreem lainnya!!

"mengetahui persoalan" dismakan dengan Robert dengan " mengetahui jawaban" = kesimpulan yang menggelikan dan konyol!!!

ini hanya persoalan yang sangat sederhana saja,seorang robert yang terfikir hanya yang serba negatif,maka justru itulah bisa terlihat jelas bahwa seorang robert menilai hanya atas dasar " seagama atau tidak seagama"

kalau yang seagama / sama keyakinannya maka ia tidak punya sedikitpun penilaian negatif, ia selalu berpikir positif.

tetapi kalau ada pendapat dari orang yang berbeda keyakinan maka ia akan berusaha untuk membantahnya!

dan tak jarang ia beri stigma-stigma atau penilaian yang miring!!!

dan tulisan selanjutnya, semakna dengan apa yang pernah ia tulis menanggapi postingan Romadi setahun yang lalu(ketika ia harus kedodoran memberikan pembelaan kalau penulis al kitab : licik,curang dan ceroboh).

memberikan tuduhan-tuduhan orang lain padahal ia sendiri yang sebenarnya suka berbuat seperti itu!!

suka mengutip/ copy paste tetapi tak pernah di jelaskan siapa penulisnya = seakan-akan hendak diaku-aku sebagai karyanya!

dan di forum ini postingan seperti itu banyak sekali, postingan Robert yang copy paste tetapi tanpa memberikan penjelasan kalau itu hanya tulisan/karya orang lain!!

dan nampaknya mental tersebut tidak hanya di forum ini, di forum milik Duladipun ia bertindak yang sama kirim artikel copy paste tetapi tidak menjelaskan bahwa itu hanyalah tulisan orang lain = maka semakin jelas orang seperti apa Robert.


romadi -- asal : jakarta tanggal : 13/03/2007
sebelumnya romadi (saya) menulis

Romadi menjawab

1. apa yang anda sampaikan tentang contoh bangsa Kanaan sudah saya tanggapi secara terperinci tetapi anda menanggapi postingan saya tanpa tanggapan terperinci!

Klaim anda sudah mematahkan argumentasi anda hanya baru khayalan belaka

2. tentang penjelasan dari Bravo,sama sekali tidak jelas .

========
robert menanggapinya,dengan menulis

Sebenarnya jawaban yang diberikan sudah “CUKUP” jelas mewakili pemikiran yang sama dari umat Kristen tentang “ Yesus memberikan kesempatan bagi Bangsa Kanaan dan Bangsa Samaria ( Diluar Bangsa Israel ) untuk menjadi murid Yesus menerima kasih karunianya “ hanya saja penjelasan yang saya dan sdr bravo berikan tidak sesuai dengan kemauan anda atau apa yang anda ketahui. (Karena anda telah memiliki jawaban untuk membantahnya….dan jawaban dari Umat Kristen ternyata berbeda dengan pengetahuan yang anda miliki sebagai bekal bantahan ).
Oleh sebab itu ketika saya menjelaskan berulang kali melalui ayat-ayat Alkitab , Mungkin anda tidak membaca ayat tsb (Menutup mata hati untuk mebacanya ) bahkan sdr Bravo menjelaskan dengan singkat bahwa untuk memahami topic tersebut maka dianjurkan untuk membahas Alkitab dengan membacanya agar lebih memahami dan tidak berdasarkan “Dugaan-dugaan ‘ atau pemehaman dari pikiran anda sendiri :
Brapo berkata kepada anda “ …………… Pak Romadi, mengenai Yesus berbicara dengan orang2 non Yahudi dan memberitakan keselamatan kepada mereka (orang non Yahudi). Yaitu ketika Yesus berbicara dengan seorang wanita Samaria. Yesus berbicara kepada wanita tersebut dan mengatakan kalau Ia (Yesus) adalah Mesias yang dijanjikan itu. (Kisah selengkapnya dapat dibaca dalam Yohanes 4)……………///”
Apakah anda Sudah membaca Kitab Yohanes spt ajuran Bravo tsb….karena dengan membaca Kitab Yohanes tersebut maka kita mendapati contoh lain bahwa Yesus memberikan kesempatan kepada Bangsa diluar Israel ( Bangsa Samaria ) untuk memperoleh “ Air Hidup “ dari yesus. Dan akhirnya saya ulangi penjelasan tsb dengan lebih terinci.

Jika anda komentar : ……….. tentang penjelasan dari Bravo,sama sekali tidak jelas..”
Ketidak jelasan sdr romadi ajawaban Sdr Bravo karena anda tidak mengikuti instruksi yang harus sdr lakukan……!!!!!
=================

robert..robert....

benarkah saya membutuhkan jawaban menurut selera saja?

sebenarnya perilaku tersebut lebih tepat pada anda sendiri ketika sering membuat pertanyaan, tetapi tidak puas dengan jawaban karena tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan!

kemudian memberi stigma yang macam-macam.....

perhatikan baik-baik dari penjelasan Bravo dan tanggapan saya!!!

sampai saat ini brvo sama sekali tidak memberikan jawaban/penjelasan selanjutnya!!

dan anda harus menyisihkan waktu untuk ,melakukan pembelaan terhadap postingannya!!

bagaimana anda bisa membuat kesimpulan bahwa saya tidak membaca ayat yang di referensikan Bravo? karena kenyataan selanjutnya saya memberikan tanggapan tentang Yohanes pasal 4!


karena tidak lama setelah membaca postingan sdr Bravo saya lansung cek isi Yohanes pasal 4 (karena perlu di cek karena sebelumnya pernah terjadi seorang Robert membuat ayat palsu)dan justru anda tidak membaca postingan saya baik-baik.

saya memberi kesempatan kepada Bravo memberikan penjelasan tentang klaimnya !

seperti yang sudah saya postingkan
kemudian kalau anda beralasan dengan Yohanes 4,mengapa anda tidak postingkan ayat tersebut?,
biar bisa didiskusikan = klaim ayat yang anda jadikan pegangan biar jelas !!

saya tunggu penjelasan anda terlebih dahulu....

karena tidak semua pembaca di forum ini bisa mengecek isinya secara utuh!!
===========
robert menulis

Jika anda komentar : ……….. tentang penjelasan dari Bravo,sama sekali tidak jelas..”
Ketidak jelasan sdr romadi ajawaban Sdr Bravo karena anda tidak mengikuti instruksi yang harus sdr lakukan……!!!!!
=================

romadi menjawab

he...he.....he.... beginilah kalau fanatisme kelompok telah menguasai hati,maka hanya penjelasan seperti itu seorang robert harus membela habis-habisan rekannya(karena kebetulan satu agama).

bagaimana kalau seorang netter Muslim yang menjawab pertanyaan dari robert dengan cara penjelasan seperti Bravo!

maka seorang Robert akan menuduh/ memberi stigma-stigma setidaknya dianggap beriman secara buta,karena tak mampu menjelaskan hanya mampu mereferensikan...saja

robert...robert... sikap inkosistensi anda = mencla-mencle anda tersebut tidak mengejukan pembaca di forum ini

bersambung

romadi -- asal : jakarta tanggal : 16/03/2007
sebelum saya melanjutkan tanggapan sebelumnya(tema utama), ada baiknya saya tanggapi postingan robert terakhir

robert menulis

bagian pertama:
anda salah besar…………..
Ketidak puasan saya akan jawaban dari Umat islam tentang ayat-ayat Alkitab dan ttg semua topic diskusi (Termasuk penjelasan anda ) bukan karena tidak sesuai menurut selera saya, atau tidak sesuai menurut pemahaman saya…………

bagian kedua

karena saya akan selalu menghubungkan semua jawaban yang Umat islam berikan ( Termasuk anda ) dengan apa yang Alkitab jelaskan mengenai topic yang sama, jadi saya tidak pernah memberikan penjelasan menurut selera atau kepentingan pribadi saya sendiri………………karena dasar dan dalil Alkitablah yang menjadi landasan saya menjawab dan meluruskan kekeliruan yang difahami oleh Umat islam.
*************

romadi menjawab

perhatikan tulisan robert bagian pertama dan kedua!!

pertama ia membantah kalau ia menolak jawaban umat Islam hanya berdasarkan selera.

yang kedua ia menolak dengan dasar al kitab!!

dalam tulisan robert diatas lagi-lagi menunjukkan sikap tidak konsisten!!
dia tidak memperhatikan apakah pertanyaan robert
mengenai persoalan al kitab atau mengenai Al Qur'an !!!

sedangkan di forum ini pertanyaan robert seringkali mengenai persoalan keyakinan orang lain / kitab suci orang lain, jadi kalau ia menilai menurut kitabnya maka inilah bukti sikap tidak konsistennya = menilai bahasa orang lain dengan standar bahasa sendiri ( yang berbeda).

dan itu banyak dilakukan oleh robert,duladi dkk, maka hasilnya hanyalah kekonyolan!!

dan ia tidak mau disebut membantah sesuai selera!!!

sekarang bandingkan dengan argumentasi bantahan saya terhadap postingan robert dkk, saya memperhatikan betul argumentasinya menggunakan apa, kalau pertanyaan atau tema diskusi mengenai persoalan "al kitab" maka bantahan saya dengan "al kitab juga"

sedangkan kalau postingan Robert dkk dengan argumentasi al Qur'an maka penjelasan maupun bantahan dengan al qur'an juga!!!

siapakah sekarang yang salah besar???
apakah anda tidak berfikir soal itu?
============================

robert menulis

Sdr Romadi………anda tidak usah merengek-rengek memohon penjelasan kepada sdr Bravo tentang “ Yesus memberikan keselamatan kepada Bangsa lain diluar Bangsa Israel “ tentang penjelasannya dalam yohanes pasal 4 tsb…………maksud sdr Bravo dalam hal ini adalah memberi tambahan ( Menyela/memotong diskusi dengan memberikan contoh lain tentang topic yang sedang kita diskusikan ) , kemungkinan besar sdr bravo tidak ingin mengganggu keasyikan kita dalam berdiskusi , hal tsb dapat dimaklumi jika dia tidak melanjutkan diskusi dan mejawab pertanyaan anda ( Tetapi akhirnya sayapun menjelaskan semua keterangan yang sdr Bravo berikan dalam Yoh 4 tersebut ). Dan saya rasa penjelasan saya bisa mewakili pemahaman yang sama tentang topic diskusi kita ini.
***************

he.....he....he.... kasihan sekali robert...
ia memahami tentang harapan saya kepada agar menjelaskan dianggap merengek-rengek!!!

demi sebuah fanatisme "kelompok" ia rela membela habis-habisan rekannya dengan gelap mata!!

kalau ia niat menyela atau memotong diskusi jangan tanggung-tanggung!!!

seperti di forumnya duladi, ia yang tidak rela
dianggap pernah protes di forum ini karena agama/kitabnya di bedah forum ini oleh netter Muslim, dan ia tidak setuju dengan "segala bentuk provokasi" berlagak manis tetapi di forumnya duladi ia begitu antusias mendukung apa yang dilakukan yang isi artikel penuh provokasi!!

dan ia menganggap saya melempar fitnah = dia tidak sadar bahwa setiap tulisannya semua terekam diforum ini.
(sorry saya tanggapi di forum ini, karena di forumnya duladi sekarang saya lagi susah masuk).

persoalan utamanya adalah "sikap tanggung jawab " tidak hanya lempar pernyataan terus lari = hit n run = he....he....he.....

======================================

robert menulis

Anda menuntut saya memperhatikan postingan yang anda berikan…………………..tetapi anda sendiri tidak memperhatikan postingan yang saya berikan ( Jangan pandai menuntut dong…..?)
Sebelum saya memberikan penjelasan tentang “Yesus memberikan keselamatan kepada Bangsa lain diluar Bangsa Israel “ yang anda tuduhkan bahwa Misi yesus HANYA untuk Bangsa Israel saja.
Dan saya hanya memberikan satu contoh saja (Matius 15:22-28 tentang Bangsa Kanaan ) sebagai bukti dan tidak memberikan bukti lain karena Satu bukti saja sudah dapat mematahkan argumentasi anda tsb.

Saya ulangi komentar saya tentang masalah ini :

Robert -- asal : Jakarta tanggal : 12/02/2007
“……………….Saya hanya memberikan satu bukti saja ( Karena banyak bukti bagaimana Yesus juga bersaksi dan bermukjizat kepada banyak bangsa diluar Bangsa Israel……) dengan satu bukti ini saja sudah cukup “Mematahkan “ fitnah dan tuduhan sdr Romadi bahwa “ Yesus ternyata pernah memberikan kesaksian, mukjizat, kasih karunia kepada bangsa-bangsa diluar Bangsa israel …akhirnya kepada seluruh bangsa.!!!..........”
(Penjelasan : Sebelum anda menuduh saya tidak jelas memberikan keterangan kepada anda …..terlebih dahulu saya berikan alasan kenapa saya tidak membeberkan semua keterangan Alkitab tentang persoalan ini spt dalam Yoh 4 yang anda tuntut tersebut……………dari postingan saya diatas , saya sudah memberikan alasannya ( karena jika dibeberkan semuanya makan diskusi akan terlalu panjang dan mungkin membosankan )…..hanya saja anda tidak memperhatikan alasan saya tsb )
==================================

romadi menjawab

siapakah yang tidak memperhatikan postingan orang lain? karena apa yang anda sampaikan sudah saya perhatikan dan saya tanggapi, kalau anda mengulang potingan sayapun bisa mengulang postingan juga!!

romadi -- asal : jakarta tanggal : 12/02/2007
buat robert

.........................................................................

he....he...he... robert..robert.... seprtinya anda begitu PD sekali dengan hanya modal seperti itu
perhatikan baik-baik ayat yang anda kutip diatas!!

apakah ayat yang anda kutip tersebuy secara tegas dan lugas memberi petunjuk bahwa " Yesus berda'wah untuk seluruh bangsa" bukan bukti yang sebaliknya?

ayat 22 :menjelaskan wanita Kanaan "memohon dengan sangat" untuk menyembuhkan anaknya yang kerasukan Setan.

Ayat 23 :Yesus menanggapinya dengan :

a. tidak menjawab = “cuek bebek” = “emang gue pikirin” kalau istilah anak sekarang,
bagaimana tanggapan murid-muridnya?
Meminta kepada yesus untuk mengusirnya,karena wanita itu mengikuti dengan teriak-teriak = aduchhhh sangat mengganggu sekali tuch cewekkk!!!! = berharap kepada Yesus untuk bersikap tegas.

Ayat 24

Yesus menjawab dengan lugas dan tegas:

Bahwa ia hanya diutus untuk domba yang hilang dari Israel!!!

Apakah wanita tersebut menyerah begitu saja??

Ayat 25

Ia mendekat bahkan tidak sekedar mendekat tapi sampai menyembahnya!! Untuk memohon pertolongannya!!

Apakah Yesus akan begitu mudah luluh dengan permohonan wanita tersebut?

Ayat 26

Karena diberi penjelasan lugas dan tegas tidak mempan maka perlu dijelaskan dengan bahasa/ilustrasi yang sangat “ mendasar = kasar” yaitu memberi perumpamaan antara roti yang untuk anak-anak (domba Israel yang tersesat) dengan “ anjing” (buat non Israel)

Apakah dengan ilustrasi yang sangat “vulgar dan kasar” wanita tersebut menyerah?

Ayat 27

Wanita itu tidak menyerah ataupun tersinggung tapi tetap membenarkan apa yang disampaikan oleh Yesus!

Dan bagaimana yesus menyikapi persoalan tersebut

Ayat 28

Yesus terkagum-kagum dengan semangat pantang menyerah ibu tersebut!

Dan akhirnya anak ibu tersebut sembuh!!

Apakah kisah diatas memberi petunjuk perubahan misi da’wah Yesus yang sebelumnya hanya untuk orang Israel berubah untuk seluruh bangsa?

Dan perubahan yesus tersebut disebabkan kesadaran yang suka rela = tanpa didasari hanya kasihan,darurat,dan kekaguman atas ke gigihan ibu tersebut?

Apakah wanita Kanaan tersebut mendapatkan kesembuhannya bersikap pasif ataukah bersikap gigih?

Dan apakah yang di lakukan yesus kepada wanita Kanaan merupakan misi da’wah ataukah memberi pertolongan?

Lagi-lagi kalau ayat tersebut untuk dijadikan pembenaran bahwa Yesus untuk seluruh bangsa = sangat jauh dari konteks ayat tersebut = apakah anda tidak berfikir soal itu?

Apakah hati anda tidak bisa memahami soal itu???
***********

perhatikan yang saya tanggapi, apakah saya tidak memperhatikan ayat-ayat yang jadi argumentasi anda?

kenyataannya tanggapan saya tidak hanya berdasarkan akal/ ngeyel saja, tetapi argumentasi sayapun berdasarkan tekstual dari ayat-ayat Injil
=============================================

robert menulis:

Sebenarnya dari hasil diskusi ini terlihat bahwa pemahaman Umat Kristen diantaranya Saya dan sdr bravo ( atau dengan Umat Kristen lainnya seperti Duladi, Faivel, Albert atau yang lainnya ) tentang permasalahan “ Yesus memberikan keselamatan kepada Bangsa lain diluar Bangsa Israel “ mempunyai pemahaman yang sama ………….hal ini bisa terjadi karema kami umat Kristen berusaha memahami dan mengimani terhadap segala persoalan dengan landasan dan dalil Alkitab yang sama yang diakui sebagai firman Allah terilham.

Apakah kesamaan pemahaman tersebut menunjukkan bahwa kami umat Kristen memiliki “ KEIMANAN BUTA “ akan Yesus kristus dan ajarannya…………..semua penjelasan tersebut tertulis dalam Alkitab, maka jika kita membaca dan mempelajari Alkitab maka hasilnya kita akan memiliki pemahaman yang sama pula walaupun saya dan teman-teman kriten lainnya tidak saling kenal dan mungkin berbeda dalam aliran agama kristennya.

Semoga penjelasan ini memberikan pemahaman baru bagi anda tentang bagaimana kita harus memahami keimanan Kristen dengan landasan dan dalil Alkitab .
====================================

romadi menjawab

he...he...he... kebetulan saja Kristen yang di forum ini punya pandangan yang sama, tetapi apakah semua orang Kristen mempunyai keseragaman dalam memahami al kitab?

sebelumnya saya pernah mempostingkan artikel dari Kristen Unitarian, yang menolak ketuhanan Yesus, tetapi menurut anda tidak ada perbedaan sama dengan pendapat anda, tetapi setelah diberi bukti bagian-bagian terpenting penolakan konsep "Yesus sebagai Tuhan" lagi-lagi anda bersikap seperti biasa ...lari.....( memberi bukti bahwa ia sendiri yang melakukannya tetapi suka menuduh orang lain = he....he....he....

===========================================

robert menulis

Saya menjawab : Saya tidak menuduh bahwa Umat islam memiliki “ Keimanan Buta “ akan agamanya sendiri dan bahkan akan Allahnya…..melainkan saya berusaha memberikan sedikit pemahaman yang sebenarnya dan sedikit pertanyaan yang perlu dijawab oleh Umat islam, tetapi kenyataan yang diperoleh adalah jawaban yang tidak jelas dan tidak pasti …..walaupun menggunakan dalil Al’quran ataupun Hadist tetapi ketika dituntut penjelasan lebih jauh mengenai kebenaran Dalil tersebut. Biasanya mereka tidak menanggapinya………….ataupun menanggapinya dengan berbeda-beda menurut pemahaman pribadi masing-masing ……………….begitulah yang disebut “ Keimanan Buta “. Sumbernya ( Muhammad dan Al’quran) saja tidak Jelas bagaimana pengikutnya dapat menjelaskan sejelas-jelasnya terhadap sesuatu yang tidak jelas tersebut…….????
=========================================

romadi menjawab

benarkah netter Kristen disini atau lainnya, selalu kompak dalam pemahaman kitabnya???

robert...robert....karena fanatisme menutup mata anda terhadap kenyataan bahwa di dalam "kristen" sendiri banyak sekali perbedaan pendapat tentang memahami sebuah teks kitab suci!!!

bersambung.... lagi....

tanggapan keempat

romadi -- asal : jakarta tanggal : 17/03/2007
To: Robert

1. Sebelumnya saya(Romadi) menulis:

Pertama kita kutip dahulu Yohanes 10:16 yang di referensikan oleh Robert(soal gembala yang baik)

Yohanes 10:16
“ Ada lagi padaKu domba-domba lain,yang bukan dari kandang ini ;domba itu harus aku tuntun juga dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala”

setelah membaca ayat yang direferensikan Robert tersebut maka sangat jelas bahwa Robert menafsirkan kata “domba-domba di kandang ini ” sebagai bangsa Israel,sedangkan domba-domba kandang lain adalah bangsa lain diluar bangsa Israel, benarkah demikian?

Robert menjawab

Jika anda membaca keseluruhan ayat Yohanes tsb (Yohanes pasal 16 ) maka anda dapat memperoleh kesimpulan yang saya berikan tsb ( Bukan hasil penafsiran saya sendiri )

Romadi menjawab balik

Benarkah kalau kita membaca secara utuh pasal tersebut sesuai kesimpulan yang diberikan Robert? Inilah salah satu point yang perlu kita diskusikan.

2. sebelumnya romadi menulis

Maka pada bab selanjutnya(setelah soal gembala yang baik ) akan kita dapati soal Yesus di tolak orang-orang Yahudi, dan ada kalimat-kalimat yang perlu kita perhatikan yaitu :

Yohanes 10:24-25

24 Maka orang-orang Yahudi mengelilingi dia, dan berkata kepadanya : “ berapa lama lagi engkau membiarkan kami hidup dalam bimbangan ? jikalau engkau Mesias,katakanlah terus terang kepada kami.

25 Yesus terus menjawab: “aku telah mengatakan kepadamu ,tetapi kamu tidak percaya ;pekerjaan-pekerjaan yang kulakukan dalam nama BapaKu,itlah yang memberikan kesaksian tentang aku

26 tetapi kamu tidak tidak percaya ,karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku

Dan jelas kebanyakan orang Yahudi di Yerusalem tidak menjadi domba Yesus,
Maka sangat jelas sekali bahwa yang dimaksud domba Yesus adalah yang percaya dan mendengarkan Yesus, dan dijanjikan hidup yang kekal dan tidak binasa dan seorangpun tidak dapat merebut dari tangannya!
=====================
Robert menjawab
Penjelasan anda pada ayat ini memang benar dan demikian adanya.
Karena Pada saat Yesus Kristus memberikan pengajaran dan Keselamatan banyak dari Orang-orang yahudi yang tidak percaya dan tidak sabar menanti Mesias atau Raja yang dinantikan , ketika mereka melihat diri Yesus yang berbeda dengan apa yang mereka Harabkan maka mereka tidak sabar dan dalam “ KEBIMBANGAN “ seolah-olah diombang-ambingkan karena kurangnya Iman kepada Yesus yang adalah MESIAS.

Sikap Orang yahudi yang Bimbang dan Tidak Beriman kepada Yesus yang oleh Yesus disebut “ ………….Kamu bukan bagian dari Domba-Dombaku “. Yang digambarkan sebagai satu kawanan domba dengan Yesus sebagai gembalanya.
Pernyataan Yesus ini ditujukan kepada Semua orang Yahudi/Bangsa Israel sendiri yang seharusnya menjadi “ DOMBA-DOMBA dari KAWANAN KECIL “ yang Yesus gembalakan tetapi karena mereka menolak Yesus maka mereka dikatakan sebagai “ Bukan dari Domba-domba kawanan kecil ini …………” (Kawanan kecil dari domba tersebut dikhususkan kepada satu bangsa yaitu Bangsa Yahudi dimanapum mereka berada ).

Romadi menjawab balik

Dalam hal ini argumentasi bantahan saya berdasarkan ayat-ayat Injil kanonik = bukan hanya berdasarkan asumsi belaka
,
Yang jelas fakta yang diceritakan dalam pasal tersebut, . orang Yahudi yang tidak mendengar dan mempercayai yesus bukan termasuk Domba-dombanya = maka sangat jelas sekali bahwa domba-domba kecil tersebut hanyalah bagian kecil/ minoritas dari bangsa kecil Yahudi!

Karena kalau Domba tersebut sebagai ilustrasi buat orang Yahudi maka yesus tidak mungkin mengatakan bahwa “sebagian bangsa Yahudi bukan termasuk dombanya”.

3. romadi menulis

Maka dengan penjelasan diatas maka penjelasan soal kandang lain terbuka lebar yang dimaksud adalah orang-orang Yahudi yang mendengar dan percaya kepada Yesus tetapi tidak dari / berasal dari Domba/orang yahudi dari kota Yerusalem = orang Yahudi dari kota lain, bukan persoalan tentang bangsa lain!!

Robert menjawab

Penafsiran anda ini “ SALAH “ dan tidak sesuai dengan penjelasan Alkitab.
Karena jika kita membaca lebih teliti dalam penjelasan lain yang menekankan peranan Yesus sebagai “ GEMBALA” dari Kawanan Domba yaitu Kawanan Kecil dan Domba-domba lain menunjuk kepada dibukanya kesempatan kepada orang-orang diluar bangsa Yahudi ( Karena mereka menolak Yesus ) dan dibuktikan dengan bagaimana Yesus memberikan Kasih karunia dan Keselamatan kepada bangsa-bangsa diluar Bangsa Israel .

Lukas 12:32 Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu. ( Penjelasan : Kawanan kecil yang Yesus Maksud dari kalangan bangsa Israel/Yahudi ) secara Khusus diperuntukkan bagi ahli waris kerajaan Yesus yang akan memerintah bersama Yesus dalam Kerajaan Sorga )
Romadi menjawab balik

Benarkah penafsiran saya salah?

Sekarang bisa diperhatikan Lukas 12 :22-34 tentang hal kekuatiran secara keseluruhan

Ayat 22, secara spesifik Yesus berkata untuk murid-muridnya.

Ayat 23-33 isi pesan-pesan Yesus kepada muridnya!!

Jadi ayat 32 yang di kutip Robert sama sekali bukan ditujukan kepada bangsa Israel, tetapi sangat jelas sekali dalam ayat-ayat di atas untuk murid-muridnya!!

Murid-muridnya pada saat itu kalau dibandingkan dengan orang-orang Israel yang bukan muridnya hanyalah sebagian kecil saja = minoritas !!

Dan murid-muridnya adalah orang yang mau mendengar dan oercaya kepada Yesus, maka tepat sekali kalau murid-muridnya disebut “sekawanan domba Kecil” . yang artinya minoritas dari bangsa Yahudi!

Maka kesimpulannya tentang Domba kecil lebih tepat kepada “murid-muridnya” dan jauh sekali dengan klaim bahwa itu untuk bangsa Israel!!

Karena kenyataannya seperti penjelasan sebelumnya, bahwa orang Yahudi pada masa itu tidak termasuk domba-domba Yesus, karena tidak mendengar dan tidak percaya kepada Yesus.

Dan fakta sejarah tidak bisa di bantah bahwa pada saat itu orang Israel yang percaya kepada Yesus hanya sebagian Kecil saja, maka sangat cocok kalau Yesus menyebut “ kawanan Kecil “

4. romadi menulis

Namun menyimak ayat-ayat Yohanes 10:1-42 menyisakan pertanyaan yang sangat mendasar yaitu :

1. tentang Yesus di perumpamakan pintu(Yoh 10:7),setiap gembala harus melewati pintu tersebut (yesus) kalau tidak melewati pintu maka ia disebut “PENCURI” dan “PERAMPOK” (yoh 10:1)

Dan barangsiapa lewat “pintu” tersebut maka ia akan selamat,maka pernyataan tersebut semakna dengan Yohanes 14:16 (ayat favorit orang Kristen )

“Akulah jalan kebenaran dan hidup.tidak seorangpun yang datang kepada Bapa ,kalau tidak melalui aku”

Dan orang yang datang sebelum Yesus adalah “PENCURI” dan “PERAMPOK”!!!

Maka pertanyaannya adalah apakah Yesus mengatakan bahwa :
Abraham,Ishaq,Yakub,musa,Daud,Ayub,zakaria,Yohanes sang pembaptis dll(orang-orang SHALEH sebelum Yesus) adalah “PENCURI DAN PERAMPOK”???

DAN MEREKA MANUSIA-MANUSIA PILIHAN TUHAN TERSEBUT TIDAK SAMPAI KEPADA BAPA KARENA TIDAK MELALUI YESUS?

Robert menjawab

Saya akan memberikan kelengkapan ayat Yohanes 10 : 7 dan 8 yaitu :
Yohanes: 10:7 Maka kata Yesus sekali lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu. 10:8 Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka.
Penjelasan :
Yesus dalam konteks ini menjelaskan bahwa Yesus telah ditunjuk Allah sebagai Perantara bagi keselamatan Umat Manusia secara keseluruhan tidak hanya untuk manusia dahulu, zaman Yesus dan untuk manusia dimasa depan.
Kedudukan Yesus sebagai juruselamat, penuntun manusia menuju Keselamatan, digambarkan sebagai “ Gembala “ dari kawanan domba Allah menunjuk pada kuasa Yesus terhadap para “ Domba-Domba” per-lambang yang ditujukan kepada Para nabi-nabi dan Umat Israel Zaman Dahulu, juga pada zaman Yesus dan kedepannya kepada seluruh Umat manusia sampai sekarang.

Wahyu: 5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!" ( Penjelasan : Yohanes memberikan gambaran bagaimana Yesus sebagai “ Anak Domba “ yang akan menjadi Raja dalam Kerajaan Sorga memberikan keselamatan (Dan didengar ) oleh semua mahluk tidak hanya disorga tetapi juga dibumi ( Termasuk para Nabi-Nabi besar sebelum Yesus Kristus ).

Ketika Yesus membicarakan Domba-domba yang memasuki kandang tidak melalui Yesus Kristus dan masuk dalam Kawanan Kecil yang akan bersama-sama dengan yesus di Sorga maka mereka adalah dikatakan sebagai Perampok/Pencuri. (Yohanes 10:8 Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka.).
Penjelasan : Hal ini menunjuk kepada keselamatan mereka (Para Nabi Besar seperti Abraham Ishak, Daud dan Rasul-Rasul ) akan memperoleh keselamatan melalui Yesus kristus yaitu Pengorbanan “ Darah dan Tubuh “ Yesus sebagai Korban penebusan Dosa manusia.

Romadi menjawab balik

Apa yang disampaikan Robert (melengkapi ayat selanjutnya) justru memperkuat persoalan yang saya sampaikan, karena sebelumnya saya sudah menjelaskan untuk memperhatikan Yohanes 16:1-42 = melihat ayat tersebut secara keseluruhan!!

Persoalan yang saya sampaikan adalah persoalan tentang “orang sebelum Yesus” tetapi Robert menjawab tentang orang sesudah Yesus.

Maka jawaban yang diberikan Robert hanya sekedar asal menjawab (seakab-akan bisa menjawab semua pertanyaan kenyataannya tidak = seperti yang di sampaikan oleh sdr Martin).

Maka dalam point ke 4 ini Robert sama sekali tidak mampu menjawab atau menjelaskan sesuai konteks yang saya sampaikan,yaitu :” gembala” yang datang sebelum Yesus adalah :PENCURI DAN PERAMPOK!!

Justru Robert dengan penuh percaya diri menyatakan bahwa para nabi-nabi sebelum Yesus sebagai DOMBA bukan GEMBALA!

Dan Robert seperti menyatakan bahwa “GEMBALA” sebagai kedudukan khusus Untuk Yesus! = tidak gembala lain selain Yesus??

Dan Rupanya seorang Robert tidak memahami soal arti kiasan “gembala” dan “domba”. Gembala adalah ilustrasi manusia yang menjadi “Subyek” yang menuntun /membimbing dll, sedangkan Gembala adalah “obyek” yang dituntun , dibimbing dll.

Maka dengan penjelasan tersebut , kalau Robert menganggap para Nabi terdahulu sebagai “domba” maka siapa yang menjadi gembalanya sebelum adanya Yesus didunia???

Kemudian tentang kutipan Wahyu 5:13 diatas, sama sekali tidak menguatkan argumentasi Robert bahwa Yesus adalah gembala dan para nabi adalah domba!

Karena justru menunjukkan ketidak kosistenan pemahaman dan penjelasan Robert, karena menyebut Yesus sebagai anak domba

Soal keselamatan mereka (Para Nabi Besar seperti Abraham Ishak, Daud dan Rasul-Rasul ) akan memperoleh keselamatan melalui Yesus kristus yaitu Pengorbanan “ Darah dan Tubuh “ Yesus sebagai Korban penebusan Dosa manusia.

Argumentasi penjelaan Robert lagi-lagi menimbulkan masalah baru,yaitu tentang konsep keyakinan Kristen, bahwa keselamatan itu bisa di peroleh kalau “PERCAYA” pengorbanan darah dan Tubuh Yesus!

Persoalannya adalah apakah para Nabi-Nabi sebelum Yesus “PERCAYA” akan pengorbanan darah dan Tubuh Yesus = apakah seorang Robert bisa memberi bukti bukti yang berdasarkan al kitab bahwa di jaman Abraham,Ishaq dan DAUD ada pengajaran keselamatan yang berasal Dari “darah dan Tubuh”?

bersambung



--------------------------------------------------------------------------------
romadi -- asal : jakarta tanggal : 16/03/2007

robert menulis

Sdr Romadi…………….bagi saya anda mengerti ataupun tidak mengerti akan penjelasan yang dilakukan tidaklah menjadi persoalan, karena upaya yang dilakukan adalah bagaimana Umat Kristen berusaha “ meluruskan ‘ pemahaman yang salah yang dilakukan oleh umat islam dan upaya lain adalah “ Penginjilan atau Siar pengajaran Yesus “ yang dilakukan melalui sarana ini.
Jadi tidak ada kesan emosi, pemaksaan ataupun hal-hal yang anda tuduhkan……….!!!
==============================================
jawab]

benarkah pemahaman umat Islam perlu di luruskan dari orang seperti anda dkk, yang menggunakan standar yang sebenarnya tidak lurus maka melihat yang lurus jadi tidak lurus

==============================

robert menulis

Hanya saja sikap tegas harus diperlihatkan ketika kita menghadapi seseorang yang berusaha mencari dalih-dalih atau kesalahan-kesalahan seseorang atau bahkan menutup mata dan hati atas penjelasan Kitab Suci.

Yesus sendiri ketika menghadapi orang-orang yang memiliki sikap demikian memberikan perkataan yang tegas dan pedas agar mereka segera menyadarinya ( Apakah ini menunjukkan bahwa Yesus bersifat emosiol…….???) jika saya meniru Yesus dengan memberikan ayat ini kepada sdr Romadi…………..apakah berarti saya marah dan emosi kepada anda………………….????? Mohon ma’af jika anda dan yang lainnya tersinggung….saya hanya memberikan contoh seperti Yesus memberikan contoh kepada para ahli Taurat dan orang yang keras kepala.

Matius: 7:5 Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu."
7:6 "Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu."

Penjelasan:
Sikap seperti ini yang Yesus lakukan karena keras kepala dan tidak mau mendengar penjelasan yesus ketika Bangsa Yahudi dan Orang Parisi saling menghakimi dan tidak mau mendengarkan firman Yesus…………………
Tetapi sikap diatas adalah sikap terakhir yang harus dilakukan …….sepanjang mereka masih ingin mengetahui dan mendengarkan penjelasan Alkitab dan ajaran Yesus kristus maka Barang yang Khudus dan Mutiara tetap akan diberikan …….!!!!!!

=======================================

jawab

saya sangat setuju sekali dengan ungkapan Yesus tersebut, dan seringkali justru saya mengutip pesan-pesannya dalam menghadapi anda!!!

ketika saya bersikap tegas tanpa basa-basi dengan anda, dan anda coba mengingatkan " tentang perkataan buruk" dan saya berikan bukti-bukti bahwa Yesus sering bersikap tegas, bahkan bisa di sebut "kata-kata kasar" ,seperti keturunan beludak!!!

maka dalam hal ini saya sering menanggapi postingan anda dengan diskusi perbandingan, untuk membuktikan siapa yang dimatanya ada balok dan siapa yang matanya hanya ada selumbar?

dan pembaca di forum ini bisa cek... postingan-postingan terdahulu, adu argumentasi kita (dan para netter lama tahu betull)

=============================

robert menulis

Apakah memang demikian keadaannya………………………yang tidak berubah “ Saya “ atau “ Anda “…………?

Segala penjelasan yang saya sampaikan saya usahakan dengan menggunakan Dalil-dalil kitabiah ( Keseluruhan ayat Alkitab ) yang mana saya berusaha memperkecil argumentasi atau asumsi yang bersifat pribadi ( Jika menyangkut keimanan Umat Kristen ) dan memberikan penjelasan yang berdasarkan logika dan pandangan pribadi jika menyangkut permasalahan lainnya.

=============================

romadi menjawab

perhatikan betul postingan anda yang saya tanggapi seperti itu!!

kalau anda berargumentasi bahwa anda selalu berdalil dengan al kitab, kenyataannya saya mengimbangi argumentasi anda,

anda berargumentasi dengan al kitab saya imbangi dengan argumentasi al kitab, anda berargumentasi dengan yang lain saya tanggapi dengan laiinya juga.

maka bagi saya terserah pembaca yang akan menilainya....

============================================

robert menulis

Sikap saya yang ekstrim terhadap anda merupakan hasil dari semua komentar dan juga pertanyaan yang anda ajukan yang satu sisi anda bertanya “ Seolah-olah “ anda tidak tahu permasalahannya tetapi disisi lain anda memberikan “ Bantahan/ Jawaban “ seolah-olah anda mengetahui persoalannya………………..apakah sikap seperti ini mencerminkan sikap ekstrim yang saling bertentangan…….!!!!!!

Coba anda intropeksi diri …………………..!!!!!
===========================================

awalnya anda menganggap kalau orang bertanya "seolah-olah" tidak tahu.

kemudian setelah di berikan argumentasi yang lain , sebelumnya anda menganggap yang bertanya "sudah tahu jawaban" atau hanya mengetes!!

lagi-lagi anda tidak mampu memahami bahwa di forum ini adalah forum diskusi(adu argumentasi dll) maka pertanyaan adalah sebagai pembuka diskusi(karena menyangkut keyakinan orang lain , maka bertanya itu lebih baik) selanjutnya baru diksusi(adu argumentasi) dan semua dilakukan agar bermanfaat bagi pembaca di forum ini!

melihat persoalan dari dua sudut pandang yang berbeda!!!
==================================

robert menulis

Apakah saya terlihat bersikap seperti tuduhan sdr Romadi…………………???
Jika entah dia Umat islam ataupun Kristen ……..jika memberi penjelasan atau komentar dan memang komentar itu mempunyai dalih kitab yang benar, sesuai dengan keimanan masing-masing………….pasti akan menyetujui komentar tersebut.
Tetapi jika ternyata komentar tsb bertentangan dengan keimanan dan kitab suci yang saya imani…………tentu saya akan “ Meluruskannya “ berdasarkan pemahaman Alkitab ( Kitabiah 0 bukan berdasarkan pemahaman Pribadi.
==============================

soal benarkah anda seperti itu biar pembaca yang menilai......

tetapi kalau anda mengklaim bahwa apa yang anda sampaikan sebagai pemahaman al kitab(kitabiah) bukan pemahaman pribadi.

bagaimana kalau ada orang kristen yang berbeda pandangan pemahaman tentang al kitab dengan anda?

apakah mereka bisa disebut orang yang tidak berpemahaman kitabiah?

kalau seandainya anda menganggap orang lain yang punya pendapat berbeda dengan pandangan anda, dianggap tidak kitabiah itu menunjukkan betapa piciknya pikiran anda!!

justru sebuah klaim yang berlebihan!!!

apa tidak lebih cocok bahwa apa yang anda sampaikan adalah "pemahaman pribadi" robert tentang al kitab?

apakah anda tidak berfikir soal itu?

=======================================

Mohon ma’af jika saya melakukan hal tersebut dalam forum milik Duladi………..karena yang saya lakukan adalah sesuai permintaan tuan Rumah ( Dalam percakapan e-mail secara pribadi dengan sdr Duladi ) untuk meminta bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhannya…….walaupun tidak secara keseluruhan saya penuhi karena kesibukan saya dan kesulitan dalam mengakses forum sdr Duladi ..….!!!!
Dan sayapun tidak akan banyak memberikan komentar-komentar dalam forum Sdr Duladi karena saya tahu misi yang dia lakukan adalah untuk meluruskan dan membenarkan ajaran tentang Yesus kristus dan Alkitab dan ditambah lagi Misi sdr Duladi untuk menjelaskan kebobrokan dan kesesatan dari ajaran Islam dan Muhammad.

Saya lebih kompeten dalam menjelaskan keimanan umat Kristen dalam Forum Islam daripada dalam forum Kristen (Seperti forum sdr Duladi dan yang lainnya ) karena dalam forum islam tujuan utama yang saya lakukan untuk memberikan kesadaran, memberikan penjelasan dan pemahaman tentang Alkitab dan ajaran Yesus serta meluruskan ajaran-ajaran sesat yang bertentangan dalam Al’quran jika ditinjau dari sudut pandang Taurat , Zabur dan injil.
Semoga anda memakluminya dan jangan su’uzon terhadap saya…..……!!!!

========================================

romadi menanggapi

apakah kalau permintaan tuan rumah di perbolehkan copy paste karya orang lain tanpa penjelasan bahwa apa yang disampaikan adalah hasil karya orang lain??

disini yang saya angkat adalah persoalan "kejujuran", tetapi saya tidak terkejut dengan apa yang anda lakukan, jangankan yang hanya seperti itu, buat ayat palsu pun bagi anda tidak masalah "demi sebuah fanatisme"!!!

kalau anda di forum ini begitu dengan penuh percaya diri "ingin meluruskan" apakah yang disampaikan Duladi tidak ada yang perlu di luruskan??

apakah anda lupa dengan ayat yang anda kutip sebelumnya,yaitu : matius 7:5-6

Matius: 7:5 Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu."
7:6 "Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu."

siapakah yang pantas disebut Munafik???

ia lebih kosentrasi persoalan (situs)orang luar dan ia mengabaikan (perlu mengoreksi) situs kelompoknya??

bandingkan slogan (misi)situs al-islahonline dengan situsnya duladi!!!
situs al al-islah lebih berorientasi kepada internal, tetapi membuka pintu orang luar memberi hak pembelaan/jawab.

sedangkan situsnya Duladi lebih berorientasi kepada orang luar, tetapi ia menutup pintu orang luar untuk memberi hak pembelaan / jawab.

kalaupun membuka pintu kecil (forum online) sebuah format diskusi yang "seakan-akan "memberi ruang pembelaan, tetapi di ruang yang berbeda!!

yang semua postingan di tumpuk jadi satu!!

dan kalau soal permintaan pribadi, untuk kirim artikel dan berperan serta. dalam hal ini sayapun (seakan-akan) diberi kesempatan yang sama.
dan setelah saya coba "test" kirim artikel dan postingan. ternyata duladi hanya "seakan-akan" manis memberi kesempatan , ternyata hanya basa-basi!!

bahkan sebelumnya ia menantang dengan penuh gagah perkasa untuk debat dengan saya,bahkan dengan penuh percaya diri kalau saya tidak mau debat secara terbuka,maka dia menawarkan debat pribadi/lewat Email tetapi nanti akan di postingkan di forum-forum diskusi!!

tetapi kenyataannya tantangan itu hanya berumur satu hari,karena setelah ditanggapi ia langsung memilih "ngacir" tidak mau diskusi dengan romadi, dengan cari-cari alasan = kasihan sekali duladi...

maka siapakah yang pantas disebut :"MUNAFIK" seperti yang dinyatakan oleh Yesus diatas??

1 komentar:

akun google said...

Duladi adalah manusia wedus yang otaknya hanya bisa menghujad tanpa menggunakan Ilmu dengan baik, saya berdebat dengan manusia ini sdh lama dan banyak kalimat dia saya patahkan tapi tetap saja di bantah seolah-olah dia merasa paling benar.. Duladi memang bahan target intaian saya akan tetapi manusia ini hanya bekoar di dunia maya dan tdk berani tampil di nyata...

Wassalam. Pangeran mencari solusi